Sukses

Kemunculan Paus Orca di Teluk Tomini Bikin Warga Ternganga

Liputan6.com, Gorontalo - Paus orca (Orcinus orca) kembali menampakkan diri di perairan Taludaa, Teluk Tomini, Minggu pagi, 26 Maret 2017. Paus orca itu muncul sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Menurut sejumlah sumber yang dirangkum Liputan6.com, sedikitnya ada empat warga Bilolandunga, Bone Raya, melihat kemunculan paus orca pada pukul 08.00 Wita. Namun, warga tidak sempat merekam ataupun memotret paus orca tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (DPP ISKINDO) Verrianto Madjowa mengungkapkan, sebelumnya telah terekam dan diberitakan paus orca berenang di dekat tubir karang yang berjarak 50 sampai 200 meter di perairan Olele.

Ada pula paus orca yang dilepas dari jaring kapal penangkap ikan pajeko sekitar 15 mil dari Taludaa, Bone Bolango (Bonbol).

"Selama ini, belum ada laporan ilmiah tentang keberadaan paus orca di Teluk Tomini. Nanti setelah rekaman video Yunus Besi (Nunun) barulah terungkap bahwa di Teluk Tomini sebagai jalur migrasi paus Orca," ujar Verrianto.
 
Verrianto menerangkan paus orca termasuk dalam 31 mamalia laut yang telah teridentifikasi di perairan Indonesia. Orca adalah sebutannya dalam Bahasa Inggris, sementara warga Gorontalo menyebutnya paupausu. Masyarakat Indonesia mengenal paus itu sebagai paus pembunuh.

"Dari 31 spesies cetacean ini, terdapat 17 spesies paus, termasuk paus orca, sehingga kemunculan paus ini perlu mendapatkan perhatian serius dan penelitian lebih lanjut tentang kondisi laut Teluk Tomini," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.