Sukses

Gus Ipul dan Iwan Fals Mendadak 'Ngecat' Rumah

Kwarda Pramuka Jawa Timur menggelar program kampung kelir warna warni.

Liputan6.com, Surabaya - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur akan memperbanyak kampung kelir yang warna warni di 11 zona Jatim. Sebelumnya pada November 2016, kampung Kroman di Gresik sudah jadi kampung kelir penuh warna

Ke-11 zona yang selanjutnya akan dilakukan pengecatan adalah di Banyuwangi, Lumajang, Malang, Trenggalek, Jombang, Kota Kediri, Bojonegoro, Gresik, Probolinggo, Sumenep dan Sidoarjo.

Ketua Kwarda Pramuka sekaligus Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, di tiap zona nanti akan ada 100 rumah dicat dengan berbagai warna oleh Pramuka. Kegiatan ini bertajuk Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. 

Proses pengecatan rumah di kampung kelir sendiri akan dilakukan oleh para pandega (pramuka usia 16-25 tahun). Sebelum pengecatan, para pandega ini juga akan melakukan kerjabakti membersihkan kampung tersebut.

"Selain mengecat dinding rumah, adik-adik pramuka juga akan memberikan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat bagi warga," kata wakil gubernur Jatim yang akrab disapa Gus Ipul itu, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (24/3/2017).

Dengan pengecatan dan sosialisasi hidup sehat, kata dia, masyarakat diharapkan bisa lebih sadar dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan keamanan serta kesehatan lingkungannya.

Sementara itu, pada program kampung kelir di Kroman, Gresik, saat itu juga hadir penyanyi Iwan Fals yang turun langsung membantu melakukan pengecatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini