Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Isu Dampak Equinox yang Resahkan Warga

Liputan6.com, Gorontalo - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal Regional, warga Gorontalo, Sulawesi Utara dibuat resah dengan adanya fenomena Equinox.

Isu tentang suhu yang akan meningkat tajam pada 21 Maret dan 23 September 2017 mendatang dikhawatirkan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh.

Agar terhindar dari suhu udara yang konon akan mencapai 40 derajat Celcius itu, sebagian warga memilih untuk tidak keluar rumah saat fenomena Equinox terjadi.

Kabar lainnya yang kini marak terjadi di berbagai daerah, khususnya di Sumenep, Madura tentang penculikan anak. 

Imbas dari isu penculikan ini, warga setempat menaruh kecurigaan yang sangat besar terhadap mereka yang mengalami gangguan jiwa.  Lantaran takut anak-anaknya diculik, para orangtua bahkan melakukan tindakan anarkistis kepada orang tak dikenal.

Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal Regional, Senin (20/3/2017).

Selain itu, ada pula resep dari Suku Bugis yang bisa bikin wajah pemakainya kinclong atau bersinar. Resep leluhur itu menggunakan cangkang telur ayam kampung. Caranya dengan mengusapkan kulit telur itu ke wajah sambil membacakan selawat.  

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Equinox Besok Bikin Warga Khawatir, Apakah Berbahaya?

Ilustrasi matahari. (kingofwallpapers.com)

Equinox akan terjadi di Indonesia pada 21 Maret dan 23 September 2017. Kabar yang beredar seiring fenomena itu adalah suhu udara di Indonesia akan mencapai 40 derajat Celsius.

Kabar tersebut membuat sebagian warga khawatir, antara lain warga Kota Gorontalo yang dekat dengan garis khatulistiwa.

"Gorontalo kan memang panas cuacanya. Kalau terjadi equinox setahu saya akan makin panas. Takut nanti jadi sakit atau minimal sakit kepala," ujarnya di Gorontalo, Minggu, 19 Maret 2017, dilansir Antara.

Karena khawatir, ia bahkan berencana untuk tidak keluar rumah pada 21 Maret untuk menghindari dampak equinox.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox sebagaimana isu yang berkembang.

Selengkapnya...

2. Kabar Penculikan Anak buat Hidup Orang Gila Makin Tak Tenang

Dalam sehari, dua pria yang diduga orang gila ditangkap dan diinterogasi massa di Sumenep. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul)

Beredarnya isu penculikan anak yang semakin menyebar ke berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memicu tindakan anarkis terhadap orang gila yang dicurigai akan menculik anak-anak.

Kecurigaan warga muncul ketika orang yang tidak diketahui identitasnya tidak menjawab saat diinterogasi oleh warga. Orang tak dikenal tersebut hanya diam tanpa menghiraukannya, bahkan omongannya melantur.

"Pada pukul 19.00 WIB, pihak Polsek dihubungi oleh kepala desa bahwa ada orang laki-laki tak dikenal dan terindikasi memiliki gangguan jiwa itu dicurigai oleh masyarakat sebagai penculik anak. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, polisi dan aparat desa langsung mengamankan," kata Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Suwardi, Sabtu, 18 Maret 2017.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, orang itu langsung diamankan ke Mapolsek setempat. Jadi, dalam satu hari terdapat dua orang gila yang diamankan, karena mereka semuanya dicurigai akan menculik anak-anak," ucap dia.

Selengkapnya...

3. Resep Andalan Suku Bugis untuk Wajah Kinclong dan Ketiak Tak Bau

Resep andalan Suku Bugis yang bisa bikin wajah kinclong itu membutuhkan telur ayam kampung yang baru dieram. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Berada di daerah dengan paparan sinar matahari tinggi, masyarakat Suku Bugis punya resep andalan untuk menjaga penampilan tetap prima.

Resep andalan perawatan tubuh warisan leluhur itu menggunakan cangkang telur ayam kampung.

Selain diusap hingga ke seluruh wajah, telur itu juga diusap ke ketiak anak gadis agar ketiak tidak bau meski tidak menggunakan tawas atau obat penghilang bau sejenisnya.

"Ini biasanya dilakukan pada hari Jumat yang merupakan hari sakral dalam umat Islam dan di saat telur bulat diusapkan ke seluruh wajah, orangtua yang mengusap telur ke wajah anak gadisnya itu menyertainya dengan bacaan shalawat," tutur Nenek Sanneng (71), warga Uloe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Minggu, 19 Maret 2017.

Selengkapnya...

 

Artikel Selanjutnya
Indahnya Toleransi dan Gema Takbir di Berbagai Daerah
Artikel Selanjutnya
Semarang Kian Genit Sambut Pemudik dengan Terowongan Pelangi