Sukses

Dari Mana Ide Pembuatan Macan Lucu Ponorogo?

Liputan6.com, Ponorogo - Patung macan lucu yang marak diperbincangkan oleh netizen sebenarnya sudah banyak ditemukan di Kota Reog ini. Di beberapa sudut kota pun ada beberapa patung macan yang melambangkan bagian dari kesenian Reog.

Seolah tidak mau kalah dengan patung-patung macan lucu yang ada di sudut-sudut kota, desa-desa pun tidak mau ketinggalan untuk membuat patung berupa macan. Bahkan, RT Desa Bungkal juga tidak mau kalah untuk membuat patung macan serupa.

"Ide saya membuat patung macan ini dari kesenian Reog yang menjadi kebanggaan warga Ponorogo," tutur Mulyono (65), ketua RT di Desa Bungkal Kabupaten Ponorogo kepada Liputan6.com di Ponorogo, Senin (20/3/2017).

Patung macan lucu Ponorogo (Liputan6.com / Dian Kurniawan)

Pembuatan patung itu atas inisiatif warga ini diambil dari dana kas RT dan sumbangan para donatur. Patung yang dibuat pada 12 Desember 2012 sekitar pukul 12.00 WIB menghabiskan dana sekitar Rp 6 juta.

"Selama lima tahunan ini untuk perawatan patung macan sudah dilakukan dua kali pengenalan," kata Mulyono.

Patung macan lucu lain juga dibuat sebagai hiasan gapura di Dusun Bulu, Desa Crabak, Kecamatan Slahung. "Patung ini baru jadi sebulan lalu," ujar Sulaiman (55), seorang warga.

Artikel Selanjutnya
Berani Berlebaran di Bekas Kampung Kumuh Ini?
Artikel Selanjutnya
Raja Ampat Tak Hanya Pulau Wayag