Sukses

Diganti Maung Sancang Siliwangi, Patung Macan Lucu Masuk Museum?

Liputan6.com, Garut - Patung macan lucu yang terletak di Markas Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebelumnya mendadak viral. Patung yang menjadi dagelan sebagian besar netizen ini dianggap lebih mirip harimau yang menjadi ikon salah satu produk biskuit dibanding harimau simbol Siliwangi.

Prihatin atas kondisi tersebut, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi secara pribadi memberikan sumbangan berupa patung harimau seberat tiga kuintal dengan panjang empat meter.

Pada Minggu siang, 19 Maret 2017, ia membawa patung harimau tersebut dari Purwakarta untuk dipasang di Koramil Cisewu, Kabupaten Garut.

Itu dilakukan Dedi dilatarbelakangi solidaritas kepada Korps TNI. Terlebih, ia anak dari mantan prajurit TNI berpangkat Praka III. Selain itu, ia masuk jajaran Dewan Pembina FKPPI Jawa Barat.

"Ini bentuk solidaritas saya sebagai anak tentara, sudah selayaknya saya lakukan," ucap Dedi, saat menyerahkan patung harimau itu di Kantor Koramil Cisewu.

Dedi sempat mengungkapkan makna terkait simbol maung yang digunakan oleh Korps TNI di Jawa Barat dan Banten. Simbol tersebut, menurut dia, bermakna nilai Siliwangi yang mencerminkan kewibawaan.

Sementara terkait tampilan patung, Dedi mengungkapkan, di sejumlah tempat pun masih didapati bentuk patung Maung Siliwangi yang belum terlihat gagah. Jadi, bukan hanya di Cisewu.

"Di tempat lain pun masih kita dapati patung Maung Siliwangi yang kurang representatif. Ini yang saya bawa merupakan simbol Maung Sancang," Dedi menjelaskan.

Mendapatkan patung baru dari Dedi Mulyadi, Danramil Kecamatan Cisewu, Kapten (Inf) Nandang menyampaikan terima kasih. Bantuan ini, menurut dia, menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya untuk lebih pro-aktif menjalani darma bakti kepada masyarakat Cisewu.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kang Dedi. Ini motivasi buat kami untuk lebih berbakti kepada masyarakat," ucap Nandang.

Sementara patung lama yang menghebohkan netizen beberapa waktu yang lalu, sambil berseloroh, Nandang mengatakan bahwa patung macan lucu tersebut akan dimuseumkan.

"Kita museumkan saja di belakang kantor," kata dia sembari dibarengi tawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.