Sukses

Ribuan Penggemar Onthel se-Tanah Air Parade di Kediri

Liputan6.com, Kediri - Ribuan onthelis atau penggemar sepeda tua dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, sejak Sabtu kemarin hingga Minggu pagi tadi.

Para onthelis, mulai anak-anak maupun orang dewasa antusias mengikuti Parade Sepeda Tua Nusantara. Beragam sepeda kuno nan klasik pun berseliweran memenuhi pusat kota.

Koordinator Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kediri, Muji Harjita menyebut jumlah peserta mencapai lebih dari 10 ribu orang dari berbagai penjuru Tanah Air.

"Para onthelis ini menempuh jarak 15 kilometer berparade keliling kota. Sepeda kuno dan klasik, ini masih banyak penyukanya," ucap Muji di Kediri, Minggu (19/3/2017).

Di sela kegiatan Parade Sepeda Tua Nusantara itu juga diluncurkan logo dan website International Veteran Cycle Association (IVCA) atau Komunitas Sepeda Tua Dunia. Adapun Sekretaris Jenderal Kosti, Fahmi Saimima mengatakan, pencinta sepeda tua di Indonesia jumlahnya ribuan.

Parade Sepeda Nusantara di area Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jatim. (Foto: Twitter/@kosti_pusat)

"Event parade nusantara ini salah satu rangkaian event internasional yang akan kami laksanakan," kata Fahmi.

Kongres Internasional Kosti pada 2018 mendatang bakal digelar di Bali. Ini adalah kali pertama kongres dilaksanakan di luar Eropa dan Amerika, sejak kongres pertama kali diselenggarakan pada 1981.

Parade Sepeda Nusantara di area Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jatim. (Foto: Twitter/@kosti_pusat)

"Indonesia patut berbangga dipercaya menjadi tuan rumah kongres internasional," ujar Fahmi.

Sementara itu, Presiden International IVCA, Dirk Van Lunchem mengaku kagum dengan antusiasme para penggemar Onthel atau sepeda tua di Indonesia.

Artikel Selanjutnya
Ribuan Warga Bogor Antusias Ikuti Parade Kebinekaan Nusantara
Artikel Selanjutnya
Marching Band Akademi TNI Sita Perhatian Warga di Parade ASEAN 50