Sukses

Kumandang Azan Jauh Sebelum Subuh di Surabaya, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Surabaya - Warga di sejumlah wilayah di Kedung Sroko, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambak Sari, Kota Surabaya, Jawa Timur, dikejutkan dengan suara azan. Anehnya, suara azan tersebut justru terdengar bergema saat dini hari, bukan mendekati salat Subuh.

"Ya, wallahualam. Suara azan itu biasanya terdengar jelas di atas pukul 02.00 WIB hingga pukul 02.30 WIB. Fenomena suara azan itu selalu terdengar tengah malam seperti ini, jamnya sama," ucap Kasman warga Kedung Tarukan VII/ 17, Surabaya, Jumat, 17 Maret 2017.

Pria yang memiliki tiga putri ini bertugas menjadi petugas ronda di kampungnya. Tepatnya di RT 09 RW III, Kedung Tarukan, Tambak Sari, Surabaya.

Dia bercerita sudah lama sekali hampir beberapa bulan lalu tak mendengar suara azan tersebut jelang dini hari.

"Apalagi waktu azan Subuh kan sekitar jam empat pagi, ini kan aneh saya rasa. Suaranya terdengar jelas sekali, tapi semua terserah dan kita percayakan sama Yang di Atas (Allah SWT)," ujar Tolit sapaan akrab sehari-hari pria tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, bila ada sejumlah warga asyik mengobrol, suara azan itu lamat-lamat jauh tak terdengar lagi. Suara azan yang terdengar dalam beberapa waktu terakhir ini memang tak lazim.

Hanya berjarak sekitar 500 meter ada Masjid Radhlatul Jannah, sedangkan 700 meter juga ada musala di dekat penginapan Dharma Home Stay. Namun saat didekati, justru masjid dan musala tersebut terkunci dan digembok rapat.

Alhasil, sejauh ini belum ditemukan lokasi masjid atau musala sumber azan tersebut. Namun, fenomena azan tengah malam itu ramai diperbincangkan di warung-warung penjual nasi dan kopi di wilayah setempat, tepatnya Kedung Sroko, Surabaya.

"Kadang-kadang ya sempat kaget, sempat lama tak terdengar. Waktu dengar itu suara azan dari arah timur, saat lihat jam ternyata baru pukul 02.00 WIB, padahal belum waktunya subuh," tutur Jumiah, penjual nasi di kawasan Kedung Sroko.

Fenomena suara azan tengah malam itu hingga kini masih menyimpan rahasia besar dan terus mengundang perhatian warga.

Artikel Selanjutnya
Ingin Salat Idul Adha di Istiqlal? Ini Imbauan Pengurus Masjid
Artikel Selanjutnya
Masjid Istiqlal Buka 6 Pintu Masuk pada Idul Adha Ini