Sukses

Harimau Garang Gantikan Macan Lucu di Koramil Cisewu Garut

Wajah melas macan lucu kini diganti patung harimau yang lebih gagah dan garang.

Liputan6.com, Bandung - Patung harimau berwajah melas di depan kantor Koramil Cisewu Garut sempat jadi bulan-bulanan netizen di media sosial dengan tema macan lucu. Gara-gara sindiran itu, Kodam III/Siliwangi bereaksi dengan menegur pihak koramil setempat.

Selang beberapa lama menerima teguran atasan, pihak Koramil Cisewu merobohkan si macan lucu. Penggantinya adalah sebuah patung harimau bertampang garang yang sedang mengaum dengan tubuh kekar.

"Kalau kita lihat itu lucu-lucuan saja, itu humanis. Tapi bagi kami di Kodam, melihat patung yang tidak sesuai, kita ganti dengan harimau yang baru, yang sesuai, yang merepresentasikan," kata Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Arh Desi Arianto kepada Liputan6.com, Jumat (17/3/2017).

Desi tak menjelaskan kapan patung harimau garang itu resmi menggantikan posisi si macan lucu. Namun, ia menyatakan perintah Pangdam III/Siliwangi untuk mengganti patung harimau dengan yang lebih representatif sebagai bagian dari sanksi kepada anak buah yang lalai.

"Ditegur saja itu sudah termasuk sanksi bagi prajurit," kata dia.

Atas kasus tersebut, Desi mewakili Kodam III/Siliwangi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat. Menurut dia, meme-meme yang tersebar di media sosial menunjukkan bahwa rakyat peduli dengan TNI.

Ia juga menegaskan patung harimau yang dipasang di depan kantor TNI di wilayah Kodam III/Siliwangi memiliki standar. Setiap patung harimau, kata dia, semestinya mencerminkan karakter gagah, arif dan bijaksana, seperti simbol harimau yang menjadi teman Prabu Siliwangi itu.  

"Patung itu ada standarnya, tapi mungkin terlewat. Kita akan evaluasi. Kalau buat patung atau simbol, kita sesuaikan dengan aturan. Kalau pun gandeng seniman, kita akan gandeng seniman yang kompeten," kata Desi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini