Sukses

Didukung Warga Pantura, Ridwan Kamil Duduki Kursi Raja Rotan

Liputan6.com, Cirebon - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi orang pertama yang menaiki dan menduduki kursi Raja Rotan Cirebon. Aksinya itu dilakukan di sela kunjungannya ke Cirebon menerima dukungan warga setempat. 

Ditemani tokoh Desa Wisata Rotan setempat, pria yang akrab disapa Emil itu duduk dan nampak menikmati hasil kerajinan rotan warga Kampung Rotan Galmantro, Desa Tegal Wangi, Kabupaten Cirebon.

"Terima kasih kepada warga masyarakat Desa Tegal Wangi atas dukungannya," kata Emil usai deklarasi maju di Pilgub Jabar di Desa Tegalwangi, Kamis, 16 Maret 2017.

Meski masih menyelesaikan tanggung jawab sebagai wali kota, Emil mengaku siap memegang amanah jika warga Cirebon memercayakan Jawa Barat kepadanya. Jika tidak terpilih, ia akan berlapang dada dan terus melanjutkan hubungan baik dengan siapapun.

"Saya apa adanya. Jika dipercaya Alhamdulillah dan kalau tidak juga saya akan teruskan hubungan baik. Makasih buat Viking Cirebon," ujar Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil mulai menawarkan program andalannya jika terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat. Salah satu program yang ditawarkan Ridwan Kamil untuk pelaku usaha di Jabar adalah Kredit Melati. Program tersebut diklaimnya sudah berhasil membebaskan 3.000 masyarakat Kota Bandung yang tidak memiliki modal usaha dari rentenir.  

Ridwan Kamil orang pertama yang menduduki kursi yang dibuat untuk menunggu bangkitnya Raja Rotan Cirebon. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Di akhir pidatonya, Emil pun sempat mengajak para pendukung untuk berteriak 'Juara' seperti jargon yang digaungkannya selama kampanye Pilwalkot Bandung periode 2013-2018 lalu.

"Tegalwangi, juara. Cirebon, juara. Jabar, juara," teriak Emil yang diikuti para pendukungnya.

Sementara itu, sesepuh pengrajin dari Desa Wisata Rotan Galmantro Djarso menyebut, sosok Emil merupakan idaman pemimpin masa depan.

"Kami iri dengan Kota Bandung yang ditata sedemikian rupa. Kami menginginkan Kang Emil bisa bergerak lebih luas, bukan hanya di kota tapi ke seluruh Jabar. Intinya dia sosok figur pemimpin masa depan," tutur dia.

Melihat kinerja Emil memimpin Kota Bandung, Djarso ingin membuktikan bahwa Emil bukan semata-mata pantas memimpin kota saja. "Ada yg bilang Kang Emil orang kota banget. Kami ingin buktikan beliau bukan orang kota banget dan bisa memimpin Jawa Barat," ujar dia.

Di tempat yang sama Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Cirebon, Sukaryadi, memastikan partai besutan Surya Paloh itu akan menjadi yang terdepan mendukung Emil. Bahkan jika tidak ada partai lain yang mendukung Ridwan Kamil, NasDem siap membantu dari jalur independen.
 
"Teknis jadi gubernur, wakil gubernur, atau wakilnya siapa itu nanti. Kami hanya melihat sosok saja dan figur. Kalau pun harus independen kita siap bantu," kata Sukaryadi yang mengklaim dukungan dari Nasdem Ciayumajakuning itu.

Artikel Selanjutnya
PDIP Jatim Targetkan Menang di 12 Pilkada
Artikel Selanjutnya
Siapa Mesti Koalisi di Pilkada Jabar? Siapa Bisa Jalan Sendiri?