Sukses

Sekeluarga Tewas Tersengat Jerat Babi yang Dipasang Sendiri

Liputan6.com, Indragiri Hulu - Tolong menolong antara ayah, istri dan anak di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, berujung maut. Ketiganya tewas tersengat listrik dari jerat babi yang dipasang salah satu korban.

Menurut Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, sengatan listrik dari jerat babi itu juga membuat dua ekor sapi milik satu keluarga itu tewas di lokasi kejadian.

"Ketiga korban adalah Jaini (58), istrinya Sumiati (49) serta anaknya Aslamiyah (27). Ketiganya tewas di kebun belakang rumah mereka," kata mantan Kapolres Pelalawan ini, Rabu (15/3/2017).

Guntur menerangkan, kejadian mengenaskan menimpa satu keluarga ini terjadi pada Selasa siang, 14 Maret 2017. Pertama kali diketahui oleh Dayan Firadah yang merupakan suami dari korban Aslamiyah.

Saat itu, Dayan yang sedang berada dalam rumah mendengar suara keras lenguhan sapi dari kebun. Dia langsung berlari mengejar sumber suara itu dengan niat menyelamatkan sapi.

Alangkah kagetnya Dayan ketika sampai di kebun. Tak hanya melihat dua sapi tergeletak tak bernyawa, dia juga menyaksikan istri dan mertua laki-laki serta perempuannya terbaring dan bergerak lagi.

"Di sekitar lokasi, saksi ini menemukan kabel listrik yang selama ini digunakan mertua lelakinya untuk menjerat babi. Kabel itu sudah putus dan menjerat para korban," kata Guntur.

Tak ingin mengambil resiko, Dayan bergegas ke rumah dan mencabut aliran listrik di kabel tersebut. Di kemudian memberitahukan kepada warga sekitar dan langsung mengevakuasi tiga anggota keluarganya.

"Pemeriksaan yang dilakukan ketiganya sudah tak bernyawa. Kemudian dibawa ke rumah duka untuk diselenggarakan jenazahnya dan dikuburkan," tutur Guntur.

Personel Mapolsek setempat yang mengetahui kejadian ini langsung ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara serta memerika jasad para korban.

Hasil pemeriksaan dan visum yang dilakukan, tiga korban dan dua sapinya tak bernyawa lagi karena tersengat aliran listrik dari jerat babi hutan yang dipasang salah satu korban.

"Kuat dugaan korban Jaini lupa melepaskan aliran ke jerat babi tersebut. Ketika sapinya tersengat aliran listrik, korban mencoba menolong, namun korban pun ikut tersengat listrik. Begitu juga ketika istri dan anak korban, ingin menolong, keduanya tersengat juga," jelas Guntur.