Sukses

Segera Hadir Taman Tangga Cinta di Seberang Waduk Jatiluhur

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, sukses memperkenalkan sejumlah lokasi rekreasi dan edukasi, seperti Taman Sri Baduga Maha Raja, Taman Pancawarna, Taman Maya Datar, dan Taman Pasanggrahan Padjadjaran.

Kini, Purwakarta kembali menambah satu taman yang akan dibangun di Jalan Arteri Purwakarta-Bandung, tepatnya wilayah Ciganea, Kecamatan Jatiluhur. Taman itu bernama Taman Tangga Cinta dan Taman Baca Ciganea. Meski lahan tersebut merupakan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pemkab setempat mengaku sudah menggelar inisiasi dengan kementerian terkait agar taman tersebut dapat segera dibangun.

"Ada dua titik, yang satu 410 meter dan satu lagi 500 meter, hampir satu hektare. Tempat ini akan menjadi ruang publik, kita lengkapi dengan tempat bermain anak," ucap Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Senin, 6 Maret 2017.

Menurut Dedi, Pemkab Purwakarta saat ini telah mengantongi izin dari Kementerian PUPR. Maka dari itu, anggaran sebesar Rp 2 miliar pun telah disiapkan pemkab setempat untuk pembangunan taman di lahan tersebut.

"Izin untuk dikelola dan dimanfaatkan sebagai ruang publik sudah kita peroleh dari kementerian terkait," ujar Dedi.

Maket Taman Tangga Cinta dan Taman Baca Ciganea yang akan dibangun di Jalan Arteri Purwakarta-Bandung. (Liputan6.com/Abramena)

Ia juga tidak memungkiri kendala yang dialami dalam rangka membangun ruang-ruang publik di wilayahnya. Menurut Dedi, tanah milik pemerintah kebanyakan digunakan untuk mendirikan bangunan semipermanen tanpa izin.

"Kendalanya bangunan liar, tetapi berkat komunikasi yang baik, sudah bisa diatasi," sebut dia.

Maket Taman Tangga Cinta dan Taman Baca Ciganea yang akan dibangun di Jalan Arteri Purwakarta-Bandung. (Liputan6.com/Abramena)

Adapun Kepala Dinas (Kadis) Tata Ruang dan Permukiman Purwakarta Aep Durohman mengatakan, pihaknya di bawah koordinasi Bupati Dedi terus menata lahan-lahan kosong milik pemerintah untuk dijadikan ruang publik dan kawasan hijau.

"Ini tentu akan mengubah wajah kota. Sebelum ini ada Taman Parcom, pengerjaannya sudah proses," ujar salah satu kadis di lingkungan Pemkab Purwakarta tersebut.

Artikel Selanjutnya
Megawati Sumbang Pohon Baobab untuk Hijaukan Simpang Semanggi
Artikel Selanjutnya
Meriahkan HUT ke-72 RI, Wali Kota Jakut Offroad di Taman BMW