Sukses

Jalur Bandung - Cirebon Ambles, Macet Mengular sampai 5 Kilometer

Liputan6.com, Sumedang - Jalan di Kampung Cireki RT 02 RW 02, Dusun Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Sumedang, Jawa Barat ambles. Jalan yang menghubungkan jalur Bandung-Cirebon itu ambles sepanjang 10 meter dan sedalam 50 sentimeter.

"Kejadian pada Senin, 6 Maret 2017, pukul 19.30 WIB," ucap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Selasa (7/3/2017).

Akibat kejadian jalan ambles itu, lanjut Sutopo, terjadi kemacetan parah. Kemacetan terjadi dari dua arah sepanjang 5 kilometer.

Sutopo menambahkan, kejadian tersebut diduga akibat tingginya intensitas curah hujan dan konstruksi tanah yang labil. Hal itu menyebabkan terjadinya pergerakan tanah dan mengakibatkan amblesnya jalan tersebut.

"Untuk sementara kejadian tersebut sudah ditangani oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Tomo," ujar Sutopo yang dijuluki sebagai penyampai kabar bencana tersebut.

Sutopo menambahkan, kondisi saat ini sampai pukul 07.00 WIB tadi di Lokasi kejadian jalan amblas terus mengalami pergerakan. Yang semula kedalaman ambles hanya 50 cm, sekarang mencapai 1 meter.

Alhasil, jalur tidak dapat dilalui kendaraan roda empat sehingga mengakibatkan kemacetan total. "Saat ini, di lokasi kejadian sedang dilakukan pengurugan menggunakan sirtu (pasir batu) dari Cimalaka," ujar Sutopo.

Artikel Selanjutnya
Tinggalkan Dapur Saat Memasak, 9 Rumah Hangus Terbakar
Artikel Selanjutnya
Api Sambar Tabung Gas, 40 Kios di Pasar Pameungpeuk Garut Hangus