Sukses

Malam Minggu? Coba Wisata Kuliner di Tjeplak Purwakarta

Liputan6.com, Purwakarta - Menikmati akhir pekan dan malam mingguan di Purwakarta, Jawa Barat tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat untuk menikmati wisata kuliner yang satu ini. Namanya Tjeplak Kuliner Purwakarta. Ya lokasi ini merupakan pusat kuliner di daerah tersebut.

Tjeplak Kuliner Purwakarta berada tepat di jantung kota Purwakarta, yakni di sepanjang jalan KK. Singawinata salah satu ruas jalan akses ke Taman Sri Baduga Maha Raja sebagai venue atraksi air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Setiap Sabtu malam, di sepanjang jalan tersebut digelar beragam makanan yang berjejer menyambut sekaligus memanjakan para pengunjung. Mulai dari patung kereta kuda hingga di area gedung kembar Nakula - Sadewa.

Aneka ragam makanan dan jajanan, mulai dari makanan tradisional seperti Sate Maranggi, Surabi, Kacang rebus, Awug dan lainnya juga banyak terdapat penjual panganan yang sudah dibuat sedemikian rupa dengan balutan selera dan sensasi rasa.

Banyaknya jenis makanan dan panganan yang disajikan, sontak saja membuat Tjeplak Kuliner menjadi tujuan utama bagi masyarakat lokal khususnya dan umumnya mereka yang datang ke Purwakarta untuk menikmati wisata kuliner.

Hiruk pikuk lautan manusia menjadi pemandangan tersendiri ketika datang ke Tjeplak Kuliner. Itu juga yang membuat lokasi tersebut semakin banyak digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan.
Malam Minggu? Coba Wisata Kuliner di Tjeplak Purwakarta
Bagi kawula muda, Tjeplak Kuliner juga menjadi ajang bagi mereka untuk menghabiskan malam minggu bersama pasangan. "Kalau malam minggu kan identik dengan jalan - jalan ya, kalau memburu makanan ini adalah tempat favorit bagi kami," kata salah satu pasangan muda - mudi Yoga dan Muti.

Bahkan diakui pasangan yang sudah dua tahun menjalin hubungan ini, mereka datang hampir dalam setiap akhir pekan. Mereka habiskan waktu bermalam minggu dengan berburu beragam jajanan.

"Lokasi yang beda dari tempat kuliner lainnya, ditambah dengan suasana kota termasuk hiasan kota tentu menjadikan agenda malam mingguan kita semakin romantis ya. Apalgi dengan lampu - lampu hias yang terpasang di atas jalan dan sudut area," ujar Yoga.

Lain kalangan muda, bagi kalangan lanjut usia Tjepkak Kuliner juga menjadi tempat mengenang masa lalu. Pasalnya mereka bisa menikmati lagi masakan maupun jajanan hingga minuman tradisional yang dinilai sudah jarang ditemukan.

"Seperti Bajigur, Pisang rebus, dan umbi - umbian kan sudah jarang ya. Kalau disini komplit sehingga serasa ada di waktu kebelakang ketika saya masih di kampung," terang pengunjung lainnya Komarudin Arahman.

Bagi para pengunjung dari luar kota, Tjeplak Kuliner juga memberi kesan tersendiri. Pasalnya mereka bisa sepuas hati menikmati aneka ragam makanan yang tersedia di pusat kuliner Purwakarta itu.

"Saya baru sekali ini datang ke Tjeplak Kuliner, tapi sangat berkesan sekali. Kalau sekarang kebetulan kan, tapi mungkin malam minggu yang akan datang bakal sengaja datang kesini sambil mengajak keluarga dan teman," kata pengunjung asal Jakarta, Ivan Taufik.

Suasana malam semakin menarik dan membuat para pengunjung semakin betah saat berada di Tjeplak Kuliner Purwakarta. Sebab, sembari wisata kuliner pengunjung juga dapat menikmati alunan musik. Sebab di sejumlah titik juga disediakan sajian musik yang dihelat secara langsung oleh sejumlah komunitas seni di kota itu dengan menampilkan musik modern hingga sejumlah jenis musik yang dibalut dengan sentuhan aransemen lokal.

Artikel Selanjutnya
Usaha Terpidana Teroris Menata Hidup Usai Keluar dari Penjara
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Ditelepon Bupati Dedi Mulyadi Usai Bom Bandung