Sukses

Wali Kota Palembang Omeli PKL Pagi-Pagi, Ada Apa?

Orang nomor satu di Palembang itu tak tahan lagi dengan ulah PKL itu.

Liputan6.com, Palembang - Selasa (28/2/2017) pagi sepertinya menjadi hari yang buruk bagi salah satu pedagang kaki lima (PKL) makanan di Jalan Merdeka, Palembang. Pasalnya, dia harus berurusan dengan Wali Kota Palembang, Harnojoyo, karena membuang sampah sembarangan.

Orang nomor satu di Palembang sepertinya tak tahan lagi dengan ulah warganya ini. Sekitar pukul 08.00 WIB, Harnojoyo langsung marah-marah di depan pedagang makanan karena tidak membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Kemarahan Harnojoyo semakin menjadi karena lokasi jualan pedagang makanan yang menggunakan mobil ini berada di depan Rumah Sakit (RS) AK Ghani Palembang.

"Kita sudah siapkan tempat sampah, tapi masih saja buang sampah sembarangan. Apalagi di sini kawasan rumah sakit," ujar Harnojoyo saat memarahi pedagang tersebut.

Ia menyatakan akan mengusir para PKL bandel jika masih membuang sampah sembarangan. Padahal, di lokasi itu sudah tersedia tiga unit bak sampah.

Setelah "disemprot" oleh Wali Kota Palembang, Aisyah, pedagang makanan tersebut meminta maaf dan langsung memunguti sampah yang dibuangnya.

Aksi buang sampah sembarangan itu dipergoki Harnojoyo saat melintas di kawasan sekitar menuju ke kantor Bank Sumsel Babel (BSB) Jakabaring, Palembang.

Tidak hanya menegur secara langsung, Wali Kota Palembang juga kerap melakukan kegiatan gotong royong bersama di beberapa kawasan di Palembang. Ia terus mengimbau warga Palembang agar membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Kalau warga tidak mau membersihkan sampah, minimal mereka tidak membuang sampah sembarangan saja. Itu sudah cukup untuk meningkatkan kebersihan Palembang, terutama di aliran anak Sungai Musi," kata Harnojoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.