Sukses

Bus Terguling di Tawangmangu, 7 Orang Tewas

Bus terguling di Tawangmangu dari arah Magetan.

Liputan6.com, Karanganyar - Tujuh orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi terguling di sungai dengan kedalaman sekitar 10 meter, wilayah Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (26/2/2017).

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Djarod Padakova membenarkan kecelakaan maut yang dialami bus pariwisata PO Sularis Jaya tersebut. "Tiga meninggal di tempat kejadian, tiga lainnya saat dalam perjalanan ke RS, dan satu lagi setelah memperoleh perawatan," katanya, Minggu (26/2/2017), dilansir Antara.

Selain korban tewas, sejumlah penumpang yang mengalami luka-luka. Dugaan sementara, lanjut dia, kecelakaan tunggal tersebut disebabkan rem bus yang tidak berfungsi saat melaju di jalan yang menurun tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, kecelakaan tersebut bermula ketika bus melaju dari arah Magetan, Jawa Timur. Bus asal Sidoarjo yang mengangkut sekitar 29 penumpang tersebut bertujuan menuju lokasi wisata di wilayah Tawangmangu.

Saat memasuki jalan umum di Gondosuli, Tawangmangu, bus melaju kencang hingga tidak berhenti. Bus terperosok dan terguling ke sebuah sungai sedalam 10 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Wisata Tawangmangu 

Tawangmangu memang menjadi tujuan orang-orang berwisata, baik pribadi atau rombongan. Setiap libur hari besar atau akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dikunjungi. 

Tawangmangu adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tawangmangu terkenal sebagai daerah wisata yang sejuk seiring lokasinya di lereng Gunung Lawu.

Tawangmangu bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Solo. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu setinggi 81 meter.

Di sini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Tawangmangu juga bisa menjadi titik tolak pendakian ke puncak Gunung Lawu tepatnya dari Pos Cemorokandang. Dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Tawangmangu berada pada arel pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Selain udaranya yang sejuk, daerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil beragam tanaman.

Beberapa destinasi piknik di Tawangmangu antara lain Grojogan Sewu, Air Terjun Pringgodani, Puncak Lawu, Sentra Tanaman Hias, juga area berkemah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.