Sukses

Banjir Bercampur Lumpur Terjang 3 Titik di Kota Batu

Liputan6.com, Batu - Tiga titik di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, diterjang banjir disertai material lumpur pada malam kemarin. Musibah itu disebabkan hujan deras yang memicu tanah longsor ke sungai dan meluap. Dampaknya, dilaporkan lebih dari 33 rumah warga direndam air bercampur lumpur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dalam keterangan resminya menyebut hujan deras pada Senin, 20 Februari 2017, mengakibatkan banjir menerjang rumah warga sejak pukul 22.00 WIB. Penanganan darurat dilakukan BPBD dibantu tim relawan sampai pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

"Penanganan lanjutan akan kembali kami lakukan pagi nanti, karena kondisi saat ini tak mungkin terus dilakukan," kata Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2017).

Tiga titik yang dilanda bencana itu antara lain, Dusun Lemah Putih, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. Di dusun ini terdata sementara air bercampur lumpur merendam 24 rumah warga serta sebuah kandang ternak warga roboh. Hujan deras juga membuat tanah longsor dan menyumbat aliran sungai.

Air setinggi 50 cm – 100 cm juga merendam dua rumah warga di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Sungai Paron yang meluap menyebabkan air disertai lumpur masuk rumah warga.

Sedikitnya tujuh rumah warga di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji juga terdampak bencana ini. Akses jalan di dusun setempat juga lumpuh lantaran tertutup material lumpur.

"Kami juga masih melakukan kajian kerusakan dan kerugian akibat musibah ini," tutur Rochim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini