Sukses

Gardu PLN Meledak, 4 Daerah Pantura Padam Listrik Sebagian

Liputan6.com, Cirebon - Terjadi ledakan di Gardu Induk Tegangan Tinggi (Gitet) di kawasan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB. Ledakan yang datang secara tiba-tiba ini terjadi selama dua kali dalam rentang waktu yang singkat.

Kapolres Kabupaten Kuningan AKBP Syahduddin membenarkan adanya ledakan yang terjadi di Gardu Induk Pancalang itu. "Iya memang ada ledakan dan sekarang sedang dilakukan perbaikan," sebut Syahduddin, Senin (20/2/2017).

Dia menjelaskan, ledakan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa, namun mengakibatkan listrik di sejumlah kawasan yang teraliri lewat gardu ini mati. Ia menyebutkan, ledakan menyababkan listrik di wilayah Kabupaten Kuningan, Jatibarang dan Cirebon mati lampu.

Namun, imbuh Syahduddin, ledakan tersebut tak menimbulkan korban jiwa. Sementara itu, petugas PLN setempat tengah melakukan perbaikan di sumber ledakan. "Sambil ditelusuri apa penyebabnya."

Sementara itu, Kepala PLN Cilimus Jawa Barat, Sebastian menuturkan, ledakan karena terdapat gangguan sistem pada komponen travo. Dia menyebutkan, yang terganggu yakni komponen PMT IBT dengan ketegangan 500 kilovolt (kv) diturunkan menjadi 150 kv. "Jadi yang gangguan itu komponen travo PMT IBT ketegangan 150 kv."

Dia mengaku sudah menurunkan tim dan petugas untuk memperbaiki komponen yang meledak dan menginvestigasi penyebabnya. Dari ledakan tersebut, Sebastian menyebutkan ada empat wilayah di pantura yang mengalami mati lampu.

Keempat daerah itu adalah Kabupaten Kuningan, sebagian wilayah Kabupaten Cirebon, sebagian kawasan Kota Cirebon, dan wilayah di Kabupaten Indramayu. Saat ini, gardu induk sedang dalam proses penormalan kembali. "Sambil dilakukan perbaikan kami juga mengusahakan agar listrik menyala kembali," kata Sebastian.

Dia mengaku belum dapat memprediksi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan gardu induk itu. Namun, untuk saat ini, PLN Cilimus tengah mengupayakan agar listrik menyala kembali.

"Bila perlu kami manuver listrik dari tenaga lain seperti di daerah Cibatu, agar listrik kembali nyala. Hanya saja, bebannya yang besar jadi kemungkinannya akan ada pemadaman bergilir. Kita lihat perkembangan dari perbaikan juga," Kepala PLN Cilimus memungkasi.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini