Sukses

Bus Sekolah Gratis Kini Hadir di Manado

Liputan6.com, Manado - Dinas Pendidikan (Disdik) Manado menyediakan bus gratis bagi siswa yang berada di wilayah utara Kota Manado untuk bersekolah.

"Kami menyediakan satu unit bus yang mengangkut siswa baik SD maupun SMP ke sekolah dan menjemputnya pulang ke rumah. Itu sudah dimulai awal Februari ini," kata Kepala Disdik Manado Deasy Lumowa, di Manado, dilansir Antara, Senin (20/2/2017).

Lumowa mengatakan, bus tersebut dikemudikan oleh sopir yang merupakan staf Disdik Manado. Rute bus dimulai dengan menyusuri wilayah utara, mulai dari Tongkaina sampai ke arah Tuminting dan mengangkut semua siswa yang hendak ke sekolah tanpa pandang bulu.

Semuanya diangkut, diantarkan ke sekolah mana pun sampai depan sekolah, setelah itu kembali ke kantor Disdik Manado. Pada pukul 12.00 Wita, bus gratis kembali mengangkut mereka yang akan pulang dan diantarkan sampai ke rumahnya dengan selamat.

"Semuanya diantar jemput gratis, tidak ada biaya apapun, karena itu adalah kendaraan operasional Disdik. Daripada menganggur lebih baik digunakan untuk membantu siswa," kata Deasy.

Menurut Lumowa, ide untuk mengantarjemput siswa di Manado tersebut muncul, saat dia meninjau sekolah-sekolah di wilayah utara Manado dan menemukan beberapa siswa SD yang berjalan melintasi jalan di tepi hutan.

Ia lalu turun dan menanyakan kenapa mereka berjalan di siang panas yang terik. Para siswa SD itu menjawab kalau tidak ada angkutan dari sekolah ke rumah mereka yang jauh.

Dia lalu memikirkan solusi untuk membantu para siswa dan melihat ada bus yang memang tidak digunakan. Bus itu kemudian dimanfaatkan untuk membantu para siswa sehingga bisa meringankan siswa yang berjalan kaki agar bisa sampai di tujuan dengan cepat dan selamat.

Deasy berharap ke depannya bisa menambah armada yang dapat membantu mengangkut para siswa di lokasi-lokasi yang sulit supaya dapat bersekolah dengan mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini