Sukses

Kala Barongsai Prajurit Kostrad Beraksi di Jalan Ijen Malang

Tak hanya jago menghalau serangan udara, Batalyon Arhanud 2 Kostrad juga memelihara jiwa dan potensi seni.

Liputan6.com, Jakarta Batalyon Arhanud 2 Kostrad merupakan Satuan Jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad yang bertempat di Rampal, Kota Malang, Jawa Timur. Satuan ini mempunyai tugas pokok menghalau serangan udara yang dilancarkan musuh, baik serangan aktif maupun pasif.

Aksi Barongsai oleh prajurit Kostrad (Dokumen Kostrad)

Selain dari tugas pokok tersebut, para prajurit Yonarhanud 2 Kostrad tetap memelihara jiwa seni dan aktif berkesenian, salah satunya kesenian Barongsai. Kesenian ini sudah ada sejak lama di satuan. Tak jarang tim Barongsai ini juga mendapat undangan tampil di berbagai acara, baik di kalangan militer maupun masyarakat sipil.

Salah satunya pada acara jalan sehat Imlek, tim Barongsai Yonarhanud 2 Kostrad menunjukkan aksinya. Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Tahun baru Imlek ke-2568 tersebut diadakan oleh Pemerintah Kota Malang yang bekerjasama dengan Kelenteng Eng An Kiong Kota Malang.

Digelar di Jalan Ijen, Kota Malang, jalan sehat ini dibuka langsung oleh Walikota Malang, Mochamad Anton. “Masyarakat Kota Malang harus bisa saling menghargai antar umat beragama, dengan adanya jalan sehat Imlek ini merupakan wujud untuk menunjukkan tingginya toleransi,” ujar Anton, dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/2/2017).

Aksi Barongsai oleh prajurit Kostrad (Dokumen Kostrad)

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada Yonarhanud 2 Kostrad yang telah ikut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini, hal ini merupakan wujud kepedulian terhadap rakyat, khusunya masyarakat Kota Malang.”

Sebelum acara jalan sehat dimulai, para peserta disuguhi dengan atraksi prajurit Yonarhanud 2 Kostrad yang menunjukan kemampuan dan kelincahannya dalam atraksi Barongsai. Warga yang mengikuti jalan sehat pun sangat antusias melihat atraksi ini, bahkan tidak sedikit warga yang ingin berfoto bersama dengan para pemain Barongsai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini