Sukses

Ini Temuan Gubernur Jateng Saat Pantau Pilkada 2017 di Brebes

Gubernur Ganjar Pranowo menemui sejumlah hal saat berkeliling di Kabupaten Brebes ketika pemungutan suara Pilkada 2017.

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkeliling di Kabupaten Brebes, saat pemungutan suara Pilkada 2017. Brebes merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyelenggarakan pilkada secara serentak 2017 ini.

Lokasi pertama yang dikunjungi Politikus PDIP itu, yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 RW 12, Kelurahan Brebes. di TPS ini, calon Bupati Brebes petahana, Idza Priyanti melakukan pencoblosan

Idza sendiri tiba di TPS setelah menjemput Gubernur Ganjar di Karangbirahi yang tengah melakukan pemantauan Pilkada 2017 di Brebes. Dia mencoblos tepat pukul 09.11 WIB setelah mendapat panggilan dari KPPS 1 H Nurcholis, Rabu (15/2/2017).

Setelah Kartu suara diberikan langsung oleh Ketua KPPS TPS 14 H Nurcholis, Idza menuju tobong dan langsung melakukan pencoblosan.

Nurcholis menceritakan kalau di TPS 14 pendopo ada 396 daftar pemilih tetap, antusias warga terlihat tinggi terbukti sejak dibuka pukul 07.00 WIB masyarakat sekitar pendopo Brebes tersebut berbondong-bondong.

Bupati Idza yang juga calon bupati nomor urut 2 berharap kepada seluruh warga Brebes untuk mendatangi TPS di daerahnya masing-masing untuk menggunakan hak pilihnya.

Sebab partisipasi masyarakat, sangat menentukan kualitas Pilkada dan masa depan Brebes lima tahun ke depan. Idza akan menerima sesuai hasil yang ada pada pemilu, namun demikian dirinya optimistis bisa meraih 80 persen suara.

"Saya siap menang siap kalah, tapi Insya Allah optimis meraih 80 persen suara sebagaimana yang kami targetkan. Ini saya saja coblos nomor 2," ucap Idza Priyanti.

Dalam Pilkada Brebes 2017 ini Idza berpasangan dengan Narjo. Mereka bersaing dengan pasangan nomor urut pertama Suswono-Akhmad Musttaqin.

Usai menggunakan hak pilihnya, Bupati di dampingi Desk Pilkada Kabupaten Brebes, Asisten 1 Sekda Brebes Athoillah Syatori, Sekretaris Dinkominfotik Johari, Kasatpol PP Budi Darmawan melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkada 2017 ini di beberapa TPS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Kendala dan Keamanan Pilkada di Jateng

Ganjar sendiri saat memantau TPS 14 ini ditemani Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi.

Sesampai di TPS yang berada di sebelah Pendopo Kabupaten Brebes itu, Ganjar sempat berbincang dengan sejumlah warga yang baru saja menggunakan hak pilih.

"Sampun nyoblos, pak (Sudah menyoblos, pak)?" tanya Ganjar pada seorang pria tua.

Ganjar juga sempat mengingatkan pentingnya menggunakan hak pilih untuk menentukan masa depan Kabupaten Brebes.

"Ayo nyoblos. Coblos sing dipilih (Ayo menyoblos. Coblos yang dipilih)," kata orang nomor satu di Jateng itu diikuti senyum.

Ganjar juga sempat menyaksikan Idza melakukan pencoblosan di TPS ini.

Usai kelar di sini, Ganjar bersama Condro dan Jaswandi melanjutkan pemantauan ke Pasar Induk Brebes. Di sana Ganjar mengajak pedagang untuk menggunakan hak pilihnya.

Di pasar, Ganjar menemui sejumlah pedagang dan mengimbau agar pedagang segera menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin Brebes selama lima tahun ke depan.

"Wis nyoblos dereng mbah? Yen durung, nyoblos ndisit (Sudah menyoblos belum mbah? Kalau belum, menyoblos dulu), ucap Ganjar kepada pedagang makanan tradisional di pasar itu.

Ganjar juga sempat menemui sejumlah pedagang yang belum menyoblos. Itu diketahui Ganjar lantaran belum ada tinta biru di jemari pedagang-pedagang itu sebagai tanda sudah menyoblos.

"Wis nyoblos durung? Ndeleng jentike, laka tintane deneng, nyoblos ya (Sudah menyoblos belum? Lihat jari manisnya, sudah ada tintanya belum)," ucap Ganjar.

Ganjar pun menekankan agar warga Brebes dapat menggunakan hak suaranya di TPS.

Lebih jauh Ganjar mengatakan, secara keseluruhan penyelenggaraan Pilkada 2017 di Jateng, khususnya di Brebes berjalan lancar. Meski sebelumnya ditemui sejumlah masalah, namun Ganjar mengaku sudah diatasi oleh KPU.

"Alhamdulillah dari segi persiapan bagus. Hari ini kami mengecek dari segi pelaksanaan, ada TPS di Brebes yang dilanda banjir, namun KPU sudah bergerak cepat untuk menanganinya," ucap Ganjar.

Ia menambahkan bencana alam memang menjadi kendala dalam pilkada kali ini, tidak hanya di Brebes namun juga enam daerah lain di Jateng yang mengadakan pilkada yang sempat terkendala bencana alam.

"Ada banjir dan tanah longsor yang sempat menjadi kendala. Namun sudah teratasi," dia menambahkan.  

Sementara itu, Irjen Pol Condro Kirono menyatakan hingga saat ini pilkada di Jateng berjalan lancar dan aman.

"Para kapolres melaporkan hingga saat ini kondisi aman dan lancar. Mudah-mudahan ini (kondisi aman) bertahan hingga penghitungan suara," ia menjelaskan.

Sedangkan untuk daerah rawan, kata dia, pihaknya sudah menerjunkan tim ke sejumlah daerah seperti di Pati, Jepara, dan Brebes untuk memastikan Pilkada 2017 di sana berjalan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.