Sukses

Pimpin Apel, Ridwan Kamil Minta Satpol PP Tak Gampang Marah

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bakal menambah jumlah personel Satpol PP Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Dengan berseragam Satpol PP, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memimpin apel masuk kerja dan gelar pasukan Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa, 14 Februari 2017.

Ia meminta para aparatur penegak hukum bertindak tegas dalam penegakkan aturan. Baginya, kunci kesuksesan Satpol PP dan Satlinmas terletak pada jiwa dan sikap yang tegas kepada para pelanggar aturan.

"Itulah mengapa Anda-Anda berseragam agar di dalamnya melekat rasa tanggung jawab kepada negara. Seragam ini adalah simbol dari negara bahwa kalau anda bertugas, maka negara hadir dalam penegakan aturan," ucap Ridwan Kamil, dilansir Humas Bandung.

Ketegasan itu penting, sambung dia, untuk mencegah terjadinya kekosongan dalam penegakkan hukum. Jika hal itu terjadi, lelaki yang akrab disapa Emil itu memastikan banyak para pelanggar hukum akan bertindak negatif.

Meski begitu, Emil mengingatkan bahwa ketegasan yang dimaksud bukan semata-mata menggunakan tindakan fisik tetapi juga konsistensi dalam pelaksanaan aturan. Ketegasan juga harus ditunjukkan dalam sikap yang teguh dan berpendirian.

"Ketegasan itu adalah sikap bukan volume suara, tidak harus ditunjukkan dengan amarah diperlihatkan dalam diam tapi teguh dalam bersikap. Saya titip nilai-nilai itu ada yang harus dimiliki oleh Kepala Satpol PP. Kalau amanah ini dipenuhi, Insyaallah badan dan ekornya pun akan disiplin istiqomah lurus seperti yang kita harapkan," tutur dia.

Tahun ini, Pemkot Bandung menambah 350 tambahan personel Satpol PP dan Satlinmas guna melaksanakan penertiban umum. Jumlah tersebut menambahi kekuatan Satpol PP saat ini sebanyak 378 orang.

Selain itu, Satpol PP juga ditunjang dengan fasilitas prasarana sejumlah 136 unit yang terdiri dari truk, minibus, pikap, double cabin, elf, sedan, motor Pamwal, motor trail, dan motor operasional petugas.

Pada awal 2017 ini, Satpol PP telah menertibkan sebuah megatron, penyegelan satu tower, turun naskah dan penyegelan tujuh bilboard, penyitaan 270 botol minuman beralkohol, pemasangan stiker peringatan satu hotel dan satu minimarket, penertiban 142 pedagang kaki lima, penertiban 23 pelanggar parkir liar, penertiban tiga pelanggar reklame, penertiban tiga pelanggaran PMKS, dan pemasangan Satpol Line pada perusakan trotoar.

Atas prestasi tersebut, Ridwan Kamil mengapresiasi kinerja Satpol PP di awal tahun ini. Ia berterima kasih kepada para petugas yang telah bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya.

"Kepada Anda yang mau bertugas sesuai dengan tupoksinya, yang berkomitmen dalam mengerjakan operasi penertiban, yang menjadi teladan dalam kepribadian, yang bertahan dalam cuaca panas terik dan hujan siang malam, kepada mereka yang punya jiwa besar ini, kepada yang punya kedisiplinan ini, saya ucapkan dari hati saya yang terdalam menghaturkan terima kasih," ucap Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini