Sukses

Kadal Nakal Bikin Kota Jayapura Mati Lampu

Liputan6.com, Jayapura - Ulah seekor kadal menyebabkan ledakan salah satu gardu listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di daerah Waena, Abepura, Kota Jayapura, Papua. Akibatnya, terjadi black out atau pemadaman total di seluruh Kota dan Kabupaten Jayapura, lebih dari dua jam lamanya.

Kadal nakal yang tersesat di gardu listrik ini masuk pada travo dan menyentuh konduktor. Akibatnya terjadi korsleting listrik atau hubungan pendek dan akhirnya terjadi pemadaman.

Asisten Manajer Jaringan PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B), Harlin Panggabean, menuturkan akibat ulah kadal tersebut mengakibatkan sebagian peralatan kelistrikan di travo itu mengalami kerusakan.

"Kami sedang memperbaiki kerusakan dan lampu sudah menyala," jelasnya di Jayapura, Senin (13/2/2017).

Selain kadal, kerusakan jaringan listrik beberapa hari terakhir ini juga karena angin kencang disertai hujan yang terjadi semalaman.

"Pemadaman total juga terjadi akibat angin kencang, sebab menumbangkan sejumlah pohon dan membuat kabel listrik putus. Ini terjadi di daerah Skyland dan Koya hingga Kabupaten Jayapura," paparnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika wilayah V Jayapura merilis hujan sedang hingga lebat akan terjadi di sejumlah daerah di Papua hingga satu minggu ke depan. Rata-rata potensi hujan terjadi pada malam hingga dini hari.