Sukses

Bali Dikepung Longsor, 12 Warga Kintamani Tewas

Diprediksi hingga besok, hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah di Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Bencana longsor terjadi di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Longsor akibat hujan deras sejak Kamis malam itu menimpa lima rumah warga.

Tujuh orang dilaporkan tewas, sedangkan dua orang mengalami luka ringan serta dua orang lainnya mengalami luka berat pada peristiwa yang terjadi pukul 23.00 Wita, Kamis malam, 9 Februari 2017.

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh jenazah. Ketujuh korban adalah Jro Balian Resmi (33/P), Jro Balian Kadek Sriasih (7/P), Komang Agus Putra Santi (1/L), I Gede Sentana (40/L), Luh Bunga (40/P), Kadek (20/P) dan Ni Luh Susun (40/P).

Sementara, korban luka berat adalah Budi (17/L) dan Komang (14/P). Keduanya telah dirujuk ke rumah Sakit Bangli. Sedangkan korban ringan yakni Kadek Ardi (9/L) dan Jro Alep (30/P).

"Hingga pagi tadi, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi tujuh korban longsor dalam kondisi meninggal dunia," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli I Wayan Darmawan, Jumat (10/2/2017).

Selain di Songan, bencana serupa juga terjadi di kawasan Desa Awan, Kecamatan Kintamani. Empat orang dilaporkan meninggal dunia. Sementara di Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani satu orang tewas akibat bencana longsor yang terjadi.

"Di Kintamani, ada tiga peristiwa bencana dengan korban total 12 orang," ujar dia.

Bencana juga terjadi di beberapa wilayah lainnya di Bali. Di Tukad Ling, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, banjir bandang menutup akses jalan raya, rumah warga, serta menghanyutkan beberapa sepeda motor warga. Saat ini pihak terkait masih melakukan penanganan.

Di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukada, bencana longsor juga terjadi. Tak ada korban dari peristiwa tersebut. Longsor juga terjadi di kawasan wisata Bedugul dan Baturiti, Kabupaten Tabanan yang sempat memutus arus lalu lintas. 

Hujan ekstrem dengan intensitas 145 mm per hari sempat terjadi di Karangasem, Bali, pada Rabu, 8 Februari 2017. BMKG Bali melaporkan bahwa adanya tekanan rendah 984 mb di Australia Barat berdampak signifikan menyebabkan aliran massa udara di seluruh Indonesia didominasi oleh angin Barat yang bersifat basah.

Suhu muka air laut di sekitar Bali masih hangat sekitar 28 derajat Celcius yang berkontribusi bagi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Bali.  Diprediksi hingga besok, hujan lebat terjadi di wilayah Bangli, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Gianyar, dan Badung. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dari longsor, banjir dan puting beliung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.