Sukses

Jebakan Polisi Gadungan Saat Beraksi di Jalanan

Si polisi gadungan itu jeli melihat pengendara motor yang tidak patuh aturan.

Liputan6.com, Surabaya - Seorang anggota Provos gadungan berpangkat AKP ditangkap jajaran Polrestabes Surabaya setelah ketahuan menipu dan membawa lari sejumlah motor korbannya. Si penipu bernama Yuda Eka Rahmad (24) itu menggunakan nama Derry saat berpura-pura jadi polisi.

Menurut Kapolsek Sawahan Kompol Yulianto, Yuda terakhir kali menyetop korbannya bernama Hari (24) asal Desa Sumput, Mojokerto, Jawa Timur. Akting Yuda cukup meyakinkan karena saat itu si pengemudi tidak melengkapi motornya dengan pelat nomor dan surat-surat.

"Lalu pada saat itu, korban ditawari damai dengan mengajak ke rumah di Jalan Petemon. Saat lengah itu, motor lalu dibawa kabur tersangka, kejadiannya, beberapa waktu lalu," tutur Kapolsek Sawahan Kompol Yulianto, Rabu, 8 Januari 2017.

Berdasar catatan kepolisian, tersangka merupakan residivis. "Tersangka ini pernah ditahan di Polres Sidoarjo selama empat bulan dengan kasus yang sama," ucap Yulianto.

Menurut pengakuan tersangka, ia memang bercita-cita menjadi polisi. Tes menjadi polisi pernah dijalani tetapi gagal di tes kesehatan. "Jadi aku beli seragam polisi saja,"ujar pria yang akrab disapa Derry ini.

Hasil aksi penipuannya itu lalu digunakan Derry untuk pesta minuman keras dengan kekasih sesama jenisnya. Akibat perbuatannya, polisi gadungan itu kembali masuk penjara bersama seorang penadah hasil kejahatanya berinisial KN, warga Petemon. Polrestabes juga menyita seperangkat atribut polisi yang masih dipakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.