Sukses

Rumah Pimred Bernas Jadi Korban Teror Pembakaran Rumah Acak

Salah satu tetangga pimred Bernas mencium mercon sebelum api membesar. Diduga ada teror pembakaran acak.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tujuh rumah diduga dibakar oleh orang yang tidak dikenal di Yogyakarta, Minggu sore, 5 Februari 2017. Salah satu rumah yang menjadi korban pembakaran adalah rumah milik pimpinan redaksi Bernas, koran lokal di Yogyakarta, Putut Wiryawan.

Rumah Putut berada di daerah Mejing Kidul RT 02/08, Mejing Kidul, Ambarketawang, Sleman. Putut mengatakan kebakaran yang menimpanya berlokasi di bagian gudang tempat menyimpan buku dan dokumen bekas depan rumahnya sekitar pukul 17.30 WIB.

Kejadian itu pertama kali diketahui oleh istrinya yang curiga dengan bau terbakar. Setelah memastikan tidak ada kebakaran di dalam rumah, tetangganya memberitahu terjadi kebakaran di depan rumahnya. 

"Peristiwa terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan sekitar 15 menit kemudian api meskipun sempat membesar berhasil dikuasai dan dipadamkan. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran datang tepat pada waktunya," ujar Putut, Senin (6/2/2017).

Putut menjelaskan waktu kejadian terbakar rumahnya itu tidak berselang lama dengan lokasi kebakaran lainnya yang hanya berjarak 400 meter dari rumahnya. Karena lokasi dan waktu yang hampir berdekatan, kebakaran dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran yang datang di rumahnya. 

"Sekitar 15 menit sebelum kebakaran di rumah kami, tetangga pedukuhan di Mejing Lor, berjarak sekitar 400 m dari rumah kami, gudang kayunya juga terbakar. Lima menit berikutnya, kandang ayam di sebelah utaranya milik tetangga juga terbakar (bukan rembetan api, kasus lain)," ujar dia. 

Putut yang juga pernah menjadi anggota DPRD Provinsi DIY periode 2009-2014 ini menduga kebakaran itu ada faktor kesengajaan untuk meresahkan warga. Hal itu terlihat dari catatan rentetan kasus yang ada. 

"Dugaan sementara, rangkaian kebakaran itu adalah ulah sekelompok orang yang sengaja menebar teror. Menurut tetangga sebelah rumah, mereka mencium bau obat mercon," kata Putut.

Putut menambahkan jika ia tidak mendapat ancaman dari pihak manapun. Ia juga tidak memiliki musuh sehingga merasa aneh ada orang yang membakar rumahnya. Polisi dari pihak Polres dan Polsek juga sudah memeriksa lokasi kejadian.

"Tidak ada masalah sama sekali. Saya juga tidak ada musuh baik sebagai mantan anggota DPRD DIY maupun sebagai Pimred Bernas," kata Putut.

Dari pantauan Liputan6.com, lokasi depan rumah Putut masih diberi garis polisi. Masih terlihat bekas kebakaran di rumah Putut di  bagian depan sebelah selatan. Kebakaran hanya mengenai sedikit dari bagian barak yang terbakar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini