Sukses

Palembang Kucurkan Rp 7 Miliar untuk Makmurkan Masjid dan Musala

Anggaran untuk memakmurkan masjid dan musala itu melonjak lebih dari 100 persen.

Liputan6.com, Palembang - Perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terhadap kemajuan fasilitas musala dan masjid di Kota Palembang  diwujudkan melalui penyediaan anggaran sebesar Rp 7 miliar. Sebelumnya, anggaran untuk bantuan rumah ibadah di beberapa tahun lalu hanya sekitar Rp 2 miliar.

Besaran dana bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Palembang melalui Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Palembang.

Menurut Wali Kota Palembang Harnojoyo, anggaran bantuan ini baru tercapai pada 2017 dan akan dikucurkan secara bertahap di 16 kecamatan di Palembang.

"Kita membuka lebar  untuk mengajukan proposal dana bantuan memakmurkan masjid dan musala. Karena anggaran tahun ini melejit hingga Rp 7 miliar," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin (6/2/2017).

Peningkatan anggaran hingga miliaran rupiah itu diperoleh dari hasil pendekatan Walikota Palembang ke masyarakat sejak 2015. Harnojoyo rutin bersafari subuh dan safari Jumat untuk beribadah, berinteraksi bersama para warga dan melihat bagaimana fasilitas rumah ibadah di Palembang.

Kucuran dana tersebut diberikan ke pembenahan musala sebesar Rp 10 juta dan Rp 15 juta untuk masjid. Pemkot Palembang juga memberikan bantuan Alquran di tiap musala dan masjid yang disambangi Wali Kota Palembang.

Saat ini ada sekitar 1800-an masjid dan musala yang tersebar di 107 Kelurahan di Palembang. Sejauh ini, Wali Kota Palembang sudah menyambangi sekitar 300 musala dan masjid dengan kondisi bangunan yang bagus maupun yang perlu direhab.

"Bantuan tersebut juga harus dipertanggungjawabkan oleh pengurus, kita terus memantau perkembangannya pasca memberikan bantuan," kata Harno.

Tokoh Peduli Masjid

Karena kepeduliannya terhadap rumah ibadah umat muslim di Palembang, Harnojoyo diberi penghargaan sebagai Tokoh Peduli Masjid, beberapa waktu lalu. Penghargaan dari Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) diserahkan langsung oleh Ustaz Habiburrahman El Shirazy, penulis novel Ayat-Ayat Cinta.

Penghargaan diberikan seusai salat subuh di Masjid Arridho di Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang, Minggu, 15 Januari 2017. "Ini jadi motivasi agar ke depannya para pejabat dan masyarakat terus memakmurkan shalat subuh," kata Harnojoyo.

Sementara itu, Ustaz Habiburrahman El Shirazy mengungkapkan penghargaan tersebut diberikan kepada Wali Kota Palembang karena mau terjun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah secara rutin.

"Dulu hanya sebulan sekali, tapi sekarang setiap hari Wali Kota Palembang menyempatkan waktu untuk melaksanakan safari subuh bersama masyarakat. Sangat jarang seorang pemimpin mengajak warganya untuk salat subuh berjamaah," ujar lelaki yang akrab disapa Kang Abik itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini