Sukses

Usai Tragedi Diksar Mapala UII, Kampus Siapkan Perpisahan Rektor

Meski begitu belum diketahui kapan seremoni perpisahan rektor itu dilakukan usai mundur pascatragedi diksar Mapala UII.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jabatan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) kini tak lagi diemban Harsoyo usai insiden pendidikan dasar (diksar) Mapala UII. Kepala Humas UII Karina Utami Dewi mengatakan jabatan Rektor sudah dipegang alih oleh Wakil Rektor 1, Ilya Maharika sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UII.

Walaupun berat, pihak universitas menerima sikap yang diambil oleh Harsoyo untuk melepas jabatannya sebagai rektor. Itu dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral pascatragedi diksar Mapala UII yang merenggut tiga nyawa mahasiswanya.

Pihak universitas baik dosen dan mahasiswa akan menyiapkan seremoni perpisahan bagi Harsoyo. Meski belum diketahui kapan seremoni itu dilakukan.

"Ada mas, tapi kami belum bisa pastikan kapan," ujar Karina, Jumat, 3 Februari 2017.

Karina mengatakan, sosok Harsoyo di mata dosen dan mahasiswa sangat dekat. Bahkan, para mahasiswa mengenal sosok Harsoyo yang disegani.

Selain itu Harsoyo juga dikenal cukup santun, sehingga turunnya Harsoyo dari Rektor UII sangat dirasakan oleh dosen dan mahasiswa. Karina mengakui sosok santun dan ramah Harsoyo kepada dosen maupun mahasiswa. Dengan demikian, muncul dukungan dari mahasiswa dan dosen saat ada informasi turunnya Harsoyo dari rektor.

"Beliau dihormati, mungkin mas bisa lihat sendiri juga tulisan-tulisan para mahasiswa di media sosial tentang beliau," ujar dia.

Meski demikian, Karina mengaku belum mengetahui apa yang akan dilakukan mantan rektornya itu ke depan. Namun yang jelas, Harsoyo sendiri pernah berjanji kepada Menristekdikti akan menyelesaikan kasus dugaan penganiayaan dalam diksar Mapala UII walaupun sudah turun dari rektor sebagai bentuk pertanggungjawabannya selaku pimpinan kampus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.