Sukses

Nama Kapolri ke-6 Diusulkan Jadi Nama Jalan di Palembang

Selain Kapolri ke-6, ada sejumlah nama tokoh lain yang juga diusulkan sebagai nama jalan di Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini tengah mempertimbangkan akan menyematkan beberapa nama putra asli Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai nama salah satu jalan. Di antara beberapa nama yang diusulkan, nama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) juga masuk dalam daftar nama jalan baru.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palembang Herly Kurniawan mengatakan, nama Kapolri ke-6, yaitu Jenderal Pol M Hasan layak disematkan di salah satu jalan di Palembang.

"Karena ada pertimbangan khusus dari Tim Pengkajian Pemkot Palembang dan beberapa pihak terkait, salah satunya harus putra daerah," ujar Herly kepada Liputan6.com, Jumat (3/2/2017).

Tim pengkajian penetapan terdiri dari unsur Kodim, Polres, Dinas Pariwisata , BPKAD, Tata Kota, Bappeda, Tapem, bagian Hukum, Camat dan Lurah dan unsur tokoh masyarakat dan sejarahwan, termasuk asisten Pemerintahan serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang.

Jalan yang belum dinamai tersebut terletak di seputaran Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL). Tepatnya di jalan simpang perumahan elit Citra Grand City menuju simpang Lebong Permai Palembang.

Untuk itu, pihaknya masih menunggu keputusan final dari pengelola Perumahan Citra Grand City. Jika sudah disetujui, maka penamaan jalan tersebut akan diperkuat dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang.

"Ini juga berdasarkan usulan dari para ahli waris," ucap dia.

M Hasan sendiri merupakan Kapolri yang menjabat di era Presiden RI Ke-2 Soeharto. Dia menjabat dari tahun 1971 hingga 1974.

Sejak itu, sudah begitu lama putra asli Sumsel tidak pernah lagi menjadi Kapolri. Baru ketika di era Presiden Joko Widodo ini, Jenderal Pol Tito Karnavian bisa menjadi penerus tongkat estafet M Hasan sebagai Kapolri yang berasal dari Sumsel.

Adapun selain nama Kapolri ke-6 M Hasan, ada beberapa nama tokoh masyarakat lain yang juga diusulkan, seperti Kolonel Dr HM Rasyid yang ditawarkan untuk jalan dari Jalan Anwar Sastro sampai Jalan Ade Irma Suryani, R.H. Muhammad Akib yang akan disematkan untuk jalan di kawasan Soekarno-Hatta Palembang.

Lalu, ada nama Mayor H Husein R Terenggano dan Letjen TNI Dr H Ibnu Sutowo yang akan dijadikan nama jalan di seputaran Talang Kepala Lama Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini