Sukses

Raih Penghargaan, Palembang Dapat 39 Unit Bus

Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, di Istana Wakil Presiden Indonesia, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Palem Untuk keenam kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali meraih penghargaanWahana Tata Nugraha (WTN) . Pemkot Palembang dinilai mampu menata sistem transportasi yang baik.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, di Istana Wakil Presiden Indonesia, di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 31 Januari 2017.

Harnojoyo mengatakan penghargaan ini diberikan kepada masyarakat Palembang karena telah disiplin dan tertib dalam membantu pemerintah menata sistem transportasi. Ini juga menjadi motivasi Pemkot Palembang untuk terus meningkatkan kinerjanya.

“Ada dua hal yang penting, dari sisi kemacetan yang harus ditekan dan sisi keamanan yang terus ditingkatkan,”ujarnya kepada Liputan6.com

Pemkot Palembang juga sudah menganggarkan dana subsidi sebesar Rp 19 miliar untuk menyediakan angkutan massal yang nyaman. Penambahan angkutan massal, lanjutnya, dapat menurunkan angka kemacetan di Palembang, dibandingkan banyaknya angkutan kecil namun hanya memuat penumpang yang sedikit.

Untuk menambah kedisiplinan pengguna jalan, Pemkot Palembang juga akan menambah jumlah sarana dan prasarana. “Jika mobil terus bertambah, infrastruktur tidak ditambah maka akan jadi repot,” beber Harnojoyo.

Bertepatan dengan diraihnya penghargaan WTN ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memberikan bantuan sebanyak 39 unit kendaraan. Puluhan bus ini akan digunakan untuk transportasi Transmusi di Palembang.

Pengajuan penambahan armada Transmusi ternyata sudah diajukan Pemkot Palembang awal 2016 lalu.  Ke depannya akan diajukan penambahan armada Transmusi agar bisa mendukung tingginya kebutuhan transportasi jelang perhelatan Asean Games 2018 di Palembang.

“Tahun ini kita mengusulkan penambahan 100 unit bus, sehingga target kita untuk Asean Games 2018 sudah ada 400 unit bus Transmusi,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.