Sukses

Tumpahan Minyak Capai Pantai Nongsa, Bagaimana Nasib Indonesia?

Sebanyak 300 ton minyak tumpah dari tiga kapal yang bertabrakan di perairan Johor, Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengirimkan tim untuk menyelidiki tumpahan minyak di Pantai Nongsa, Batam, pekan lalu, menyusul tabrakan tiga kapal di Pelabuhan Pasir Gudang, Johor, Malaysia dan menyebabkan 300 ton minyak tumpah.

Tabrakan kapal pada 3 Januari lalu itu melibatkan dua kapal berbendera Singapura, Wan Hai 301, dan kapal kontainer berbendera Gibraltar, APL Denver.

Deputi I Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Oegroseno mengatakan, tumpahan minyak akibat kejadian itu menyebar hingga ke bagian barat Pulau Ubin dan Nenas di Singapura serta Pantai Nongsa di Batam.

"Kemenko Kemaritiman juga sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai, Kementerian Luar Negeri, dan BMKG untuk melakukan analisis jejak minyaknya," kata Arif dalam keterangan tertulis di Jakarta, dilansir Antara, Senin, 30 Januari 2017.

Dia menuturkan, pemerintah melalui BMKG akan mengumpulkan data pemodelan arus laut sehingga dapat mengetahui pola dan pergerakan tumpahan minyak di perairan. Data dari BMKG untuk menentukan posisi pemerintah kepada pemilik kapal.

"Besok (hari ini, red) kami akan bicara dengan pemilik kapal di Batam dan kemudian kami akan lakukan operasi pembersihan polutan dengan dana di International Maritime Organization (IMO) Selat Malaka and Singapore Trust Fund," ujar dia.

Dana tersebut, sambung dia, merupakan dana patungan yang dikumpulkan Jepang, negara pengguna selat, serta Singapura dan Malaysia khusus untuk menangani navigasi dan perlindungan lingkungan di Selat Malaka.

Ada pun mengenai prospek kerja sama dengan BMKG ke depan, Havas menginginkan agar data pemodelan dari BMKG dimasukkan ke dalam standar prosedur investigasi pencemaran laut oleh tumpahan minyak.

Namun, lanjut dia, kemampuan deteksi alat BMKG tersebut masih terbatas. "Mereka (BMKG) tidak punya akses terhadap visual di permukaan laut terutama apabila ada tumpahan minyak karena belum ada satelit yang mendukung hal itu," kata Arif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini