Sukses

Gelombang Tinggi Hantui Perairan Pulau Sejuta Mistis

BMKG Makassar mengimbau para nelayan tetap memantau informasi mengenai gelombang tinggi dalam sepekan ini.

Liputan6.com, Selayar - Gelombang laut tinggi dalam sepekan ini diperkirakan akan terjadi di sekitar perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, yang dikenal sebagai Pulau Sejuta Mistis di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal itu diungkapkan A Fachri Radjab selaku Kepala Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV di Aula BMKG Wilayah IV Makassar, beberapa hari lalu.

Menurut Fachri, gelombang tinggi tepatnya terjadi di sekitar Laut Flores, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, dengan tinggi gelombang 2-3 meter. Adapun di perairan Selat Makassar, imbuh Fachri, gelombang laut yang diperkirakan terjadi hanya berkisar 1-1,5 meter.

Dengan adanya hasil analisis BMKG Wilayah IV Makassar untuk sepekan ke depan itu, Fachri berharap para nelayan terus memantau informasi tinggi gelombang laut dari BMKG. Serta, melihat kondisi yang diberikan BMKG setiap saat.

"Memang gelombang laut ini sangat berpengaruh pada aktivitas nelayan, sehingga kami mengimbau agar nelayan tetap memantau informasi tinggi gelombang dari BMKG dan melihat kondisi yang ada dari informasi yang kami berikan," ia berharap.

Tak hanya mengenai gelombang laut, ujar Fachri, BMKG Makassar juga telah merilis hasil analisis prakiraan intensitas curah hujan yang terjadi di beberapa daerah di Sulsel untuk tujuh hari ke depan.

"Nah dari hasil itu, intensitas curah hujan yang diperkirakan masih cukup tinggi terjadi di Kabupaten Luwu dan Toraja," ia menerangkan.

Meski demikian, kondisi curah hujan yang terjadi masih dalam status normal. "Pada umumnya, curah hujan yang terjadi masih normal-normal saja," ujar Kepala Balai Besar BMKG Makassar soal gelombang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini