Sukses

Diksar Mapala UII Terbagi 5 Regu, Korban Tewas Kelompok Mana?

Setiap regu Diksar Mapala UII ke-37 rata-rata beranggotakan tujuh orang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kegiatan diklat dasar mahasiswa pencinta alam (diksar mapala) UII atau The Great Camping di Gunung Lawu Lereng Selatan, Tawangmangu, Jawa Tengah, 13-20 Januari 2017, diikuti 37 peserta. Usai diksar, tiga peserta tewas dan 10 peserta mendapat perawatan di RS JIH.

Humas UII, Karina Utami Dewi, mengatakan dalam kegiatan tersebut peserta dibagi dalam lima regu. Setiap regu terdiri tujuh orang atau lebih. Tiap regu mendapatkan pelatihan dari panitia. Namun, ia tidak menyebutkan nama peserta di tiap regu itu, termasuk korban tewas.  

"Jumlah regunya ada lima. Tapi untuk nama-nama (di tiap regu) belum bisa disampaikan," kata Karina saat ditemui di Gedung Rektorat UII Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman, Yogyakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

Karina mengatakan data peserta dan panitia sudah ada dalam dokumen yang diserahkan ke pihak berwenang dan masih menjadi kajian dari tim investigasi internal UII. Beberapa peserta juga dimintai keterangan oleh Polres Karanganyar, di gedung rektorat kemarin.

"Hari ini peserta di kampus atas. Tadi sudah ada dua orang yang dimintai keterangan. Semua peserta yang tidak dirawat inap dimintai keterangan," ujar Karina.
 
Sebelumnya, Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro UII, tewas dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar pada Jumat, 20 Januari 2017. Kemudian, Syait Asyam, mahasiswa Teknik Industri UII, meninggal pada Minggu, 23 Januari 2017.

Terakhir, Ilham Nur Padmy Listiaadin, mahasiswa Fakultas Hukum UII, meninggal setelah dirawat di RS Bethesda Yogyakarta pada Senin, 23 Januari 2017, pukul 23.20 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini