Sukses

Perahu Terbalik di Waduk, Nyawa Seorang Pemancing Tak Tertolong

Perahu terbalik di Waduk Malahayu, Brebes, Jateng, lantaran terhempas angin kencang.

Liputan6.com, Brebes - Insiden perahu terbalik terjadi Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Hujan disertai angin kencang mengakibatkan satu perahu mesin tempel yang ditumpangi lima orang terbalik di Waduk Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Akibatnya, lima penumpang termasuk cukong (nakhoda) perahu yang mengangkut para pemancing itu tenggelam di waduk tersebut. Namun, empat penumpang perahu terbalik itu berhasil diselamatkan warga setempat. Namun, seorang di antara mereka hilang.

"Saat kejadian lima penumpang perahu itu sedang asyik mancing. Tiba-tiba hujan disertai angin kencang datang dan membalikan perahu mereka," ucap Koordinator SAR Brebes, Adhe Dani, Minggu (22/1/2017).

Perahu berukuran kecil itu merupakan sewaan yang ditumpangi untuk memancing di areal Waduk Malahayu. Sebelum diselamatkan, empat penumpang perahu sempat terombang-ambing di waduk sekitar satu jam.

"Mereka sempat terombang-ambing di tengah Waduk Malahayu dengan kondisi hujan deras dan angin kencang yang disertai petir. Beruntung, warga yang saat kejadian mengetahui langsung memberikan pertolongan tanpa menghiraukan cuaca buruk yang saat itu terjadi," dia menambahkan.

Sebelum mendapatkan pertolongan, kelima penumpang perahu itu sempat berteriak-teriak minta tolong. Tak lama kemudian ada sebuah perahu yang ditumpangi wisatawan melintas di lokasi kejadian.

Saat ditemukan pertama kali, mereka sudah nyemplung di waduk dengan perahu terbalik di dekatnya. "Satu per satu korban yang tenggelam itu berhasil dievakuasi, namun satu korban tidak bisa diselamatkan karena hilang tenggelam," kata dia.

Pada Minggu pagi tadi, pencarian terhadap satu penumpang perahu yang masih hilang kembali dilanjutkan oleh tim SAR Gabungan. "Pagi pukul 07.00 WIB ini pencarian kembali dilanjutkan, semalam pukul 22.00 WIB sempat dihentikan karena cuaca tidak memungkinkan," ujar Adhe.

Tim SAR Gabungan pun menyisir sekitar lokasi kejadian. Para penyelam turut dikerahkan mencari keberadaan korban hilang yang diperkirakan tenggelam di dasar Waduk Malahayu.

Tak sia-sia, korban tenggelam akibat perahu terbalik itu akhirnya ditemukan. "Korban atas nama Bambang (30), warga Desa Malahayu, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 10.00 WIB setelah dilakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian," ujar Koordinator SAR Brebes, Adhe Dani, Minggu siang.

Adapun keempat korban yang selamat adalah Wijanarko (45), warga Desa Cikuya, Ahmad (50), Agus Seno (33), dan Lengkir (47). Keempatnya merupakan warga Desa Malahayu, Banjarharjo.

Kendati demikian, dua penumpang perahu terbalik yang selamat hingga kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Dera Asyifa, yakni, Ahmad Ahmad dan Wijanarko. "Mereka berdua karena kondisinya lemas dan terlalu banyak kemasukan air, saat ini masih dalam penanganan tim medis," Adhe Dani memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.