Sukses

Ladang Ganja Tersembunyi di Kebun Jagung Perbatasan Papua Nugini

Ladang ganja kerap ditemukan di wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Liputan6.com, Keerom, Papua - Ladang ganja ditemukan wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini kerap terjadi. Kali ini, Satuan Tugas (Satgas) Pengaman Perbatasan (Pamtas) Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha mendapati ladang ganja di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Menurut Komandan (Dansatgas) Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, ladang ganja itu ditemukan tim patroli keamanan di sekitar Bukit Kampung Banda, Distrik Waris, Keerom, Papua, yang dipimpin Wakil Komandan Pos Sertu Destaufan.

"Penemuan tanaman ganja ini pada Senin lalu, 16 Januari 2017, di sekitar Kampung Banda yang informasinya berawal  diperoleh dari salah satu warga di Jalan Poros perbatasan Indonesia-Papua Nugini," ucap Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (20/1/2017).

Ada 28 pohon ganja dengan tinggi 15 centimeter hingga dua meter yang ditemukan tim patroli keamanan tersebut. "Modus penanaman ganja dilakukan di antara tanaman jagung. Ini modus untuk mengelabui agar tanaman tersebut tidak diketahui petugas," ia menjelaskan.

Setelah pohon-pohon ganja tersebut dicabut, tim patroli kembali ke Pos Waris dan melaporkan hasilnya. Saat ini, puluhan pohon ganja tersebut masih diamankan di Pos Kotis Satgas Yon Mekanis 516/Cakra Yuda, untuk selanjutnya akan diserahkan kepada komando atas.

Sejauh ini, peredaran ganja di Kota Jayapura juga dinilai sangat meresahkan. Aparat berwenang diminta untuk sigap melihat kondisi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini