Sukses

Waspada, Gunung Sinabung Keluarkan Lahar Dingin

Liputan6.com, Karo - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus berlangsung hingga saat ini. Kondisi terbaru, Gunung Sinabung mengeluarkan lahar dingin.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo‎ Natanail Perangin-angin ‎mengatakan, lahar dingin mengalir di jalan permukiman warga, tepatnya di Desa Sukatendel, Kecamatan Ndreket. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui.

"Lahar dingin terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ucap Natanail, Rabu (18/1/2017).

Lahar dingin tersebut hanya merendam jalan dan berada di pinggiran rumah warga, belum merendam rumah. "Kita antisipasi bila ada air kiriman dari gunung," ujar dia.

Lahar dingin Gunung Sinabung membanjiri Desa Sukatendel, Kecamatan Ndreket, Kabupaten Karo, Sumut. (Liputan6.com/Reza Perdana)

Selain lahar dingin, aktivitas Gunung Sinabung juga terjadi seperti guguran lava, namun tidak terjadi erupsi.‎ Guguran lava terjadi pada Rabu, 18 Januari 2017, sekitar pukul 12.00 hingga 18.00‎ WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini