Sukses

Air Suci Malino Penyuci Patung Dewa-Dewi di Xian Ma

Liputan6.com, Makassar - Ritual penyucian dewa-dewi jelang Imlek, yang disebut kismin, kembali digelar selama empat hari, terhitung sejak Kamis, 19 Januari 2017, di Gedung Istana Naga Sakti Kelenteng Xian Ma, di Jalan Sulawesi, Kecamatan Makassar.

Nelly, warga etnis Tionghoa Makassar mengaku, penyucian patung dewa dewi melibatkan seluruh pengurus wihara yang disebut Lozhu.

"Semuanya melibatkan Lozhu dalam penyucian patung Dewa-Dewi yang menggunakan air suci dari ketinggian Malino di Kabupaten Gowa," kata Nelly kepada Liputan6.com saat ditemui di Klenteng Xian Ma, Selasa, 17 Januari 2017.

Ritual penyucian patung dewa-dewi digelar menjelang Imlek 2017. (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Tradisi penyucian patung dewa-dewi itu, lanjut Nelly, bertujuan agar jiwa dan raga suci dari kesalahan dan penyakit hati menyambut datangnya Imlek 2017. Selain itu, ritual kismin menjadi keharusan seluruh patung dibersihkan dari debu serta kotoran.

Menurut Nelly, tahun shio 'Ayam Api' merupakan tahun yang baik. Sebelum penyucian ini, lanjut dia, dilakukan ritual lain dengan membakar dupa serta berdoa kepada dewa-dewi untuk diberikan izin dikeluarkan dari tempatnya bersemayam.

Saat menggelar ritual, para Lozhu harus menggunakan jubah berwarna hitam. Pantauan Liputan6.com, seluruh isi bangunan Kelenteng Xian Ma yang diketahui berlantai lima itu dibersihkan.

"Semua isi dalam dan luar Kelenteng Xian Ma dibersihkan dan dipel. Termasuk dinding kelenteng yang kusam dicat. Semua harus terlihat bersih dan kelihatan baru saat pelaksanaan Imlek," kataOpi, petugas pembersih Kelenteng Xian Ma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini