Sukses

Waspada, Hujan Lebat Picu Longsor dan Pohon Tumbang

Liputan6.com, Kendari - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara mengimbau masyarakat di daerah Sultra agar mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang yang berpotensi menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang. Terutama masyarakat yang tinggal di kawasan lereng perbukitan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Aris Yunatas seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/1/2017), menjelaskan potensi hujan lebat disertai angin kencang berpeluang melanda Sultra hingga tiga hari ke depan.

Potensi curah hujan lebat itu, kata dia, disebabkan adanya gangguan pola angin sehingga terjadi penumpukan awan memicu turunnya hujan lebat di wilayah Sultra.

Apalagi saat ini, kata dia, wilayah Sultra sudah memasuki musim hujan. Untuk itu warga yang bermukim di kawasan rawan bercana tetap waspada.

"Termasuk terjadi pohon tumbang akibat derasnya angin," ujar dia.

"Pengemudi kendaraan juga diingatkan tetap berhati-hati, usahakan tidak berteduh atau menjauh dari pohon besar saat melintas di jalan raya," katanya.

Wilayah yang dilanda hujan deras dan angin kencang itu, menurut prakiraan BMKG Kendari, meliputi sejumlah wilayah. Di antaranya Kendari, Konawe, Konawe selatan dan meluas ke Konawe Kepulauan dan Konawe Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.