Sukses

Gempa 5,3 SR Guncang Riau

Gempa berada pada kedalaman 228 kilometer.

Liputan6.com, Riau - Gempa berkekuatan 5,3 skala richter mengguncang Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Jumat sore tadi. Guncangan linu itu terjadi sekitar pukul 16.23 WIB

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin, gempa berada pada kedalaman 228 kilometer. Lokasi gempa tercatat pada 31 kilometer barat daya Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya pada 0.76 Lintang Utara dan 100.43 Bujur Timur.

"Gempa ini tidak begitu terasa atau berdampak karena pusatnya cukup jauh dari permukaan," ucap Sugarin kepada wartawan, Jumat malam (13/1/2017).

Hingga petang Jumat, Sugarin menyebut, belum menerima laporan adanya kerusakan atau dampak yang ditimbulkan. Dia memprediksi tidak terjadi apa-apa karena pusat gempa berada sangat dalam.

Dia menjelaskan, gempa ini dipicu subduksi lempeng bumi Indo-Australia dan Eurosia. Karena jauh dari kedalaman tanah, gempa ini dinyatakannya tidak berpotensi tsunami.

Subduksi sendiri merupakan zona yang terdapat pada batas antar lempeng yang bersifat konvergen. Akibat perbedaan massa jenis antara kedua jenis lempeng tersebut, maka lempeng yang lebih besar massa jenisnya menunjam ke bawah lempeng lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • riau

Video Terkini