Sukses

Cara Zumi Zola Bedakan Hoax dengan Berita Benar

Liputan6.com, Jambi - Maraknya informasi atau berita hoax di media sosial memancing Gubernur Jambi, Zumi Zola, bereaksi. Ia tak ingin warganya terpancing dan menjurus perpecahan akibat banyaknya hoax yang berseliweran di media sosial.

Menurut mantan artis dan pesinetron itu, di era kemudahan informasi saat ini, masyarakat dituntut cerdas dan bijak dalam menyikapi suatu berita atau informasi. Utamanya informasi yang beredar di media sosial.

"Ini ada sisi positif dan negatifnya," ujar Zumi Zola di Jambi, Rabu, 11 Januari 2017.

Melalui media sosial, kata Zola, masyarakat dengan mudah dan murah mendapatkan informasi kapan saja. Namun, ia meminta agar setiap informasi tidak langsung diterima begitu saja.

"Caranya ya mencari informasi lain sebagai pembanding. Kan, banyak sumber berita. Jadi jangan langsung diterima begitu saja," tutur Zola yang juga Ketua DPD PAN Provinsi Jambi ini.

Menurut Zola, saat ini marak dan hampir setiap hari beredar kabar diduga hoax di media sosial. Isunya bersifat provokasi, menyebar kebencian, permusuhan, hingga adu domba.

"Ya kalau ketemu yang seperti itu (hoax) di media sosial cuekin saja. Kalau kita terpancing emosi, ya pastinya senang orang yang membuat berita provokasi tersebut," ucap Zola mengakhiri.