Sukses

Hasyim Muzadi Jadi Korban Hoax

Seseorang membuat informasi tak benar yang menyebut mantan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi, meninggal dunia

Liputan6.com, Malang Informasi tidak benar atau hoax bisa menerpa siapa saja. Bahkan, KH Hasyim Muzadi pun jadi korban hoax tersebut. Di situs jejaring sosial Facebook, mantan Ketua Umum PBNU ini dikabarkan meninggal dunia.

Hasyim Muzadi masuk rumah sakit di Malang, Jawa Timur, sejak Jumat, 6 Januari lalu lantaran kelelahan. Namun pihak keluarga menyatakan kondisi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ini kini berangsur membaik.

“Alhamdulillah baik-baik. Tolong informasi tidak benar itu diluruskan,” kata Abdul Hakim, putra sulung Hasyim Muzadi, saat dikonfirmasi di Malang, Jawa Timur, Rabu (11/1/2017).

Kabar hoax itu muncul siang tadi saat seseorang menulis di sebuah grup jejaring sosial Facebook mengabarkan Hasyim Muzadi meninggal dunia. Namun tak sampai 30 menit, postingan itu dihapus dan berganti dengan informasi kondisi Hasyim Muzadi semakin membaik.

Pihak keluarga pun menyesalkan adanya informasi menyesatkan itu. “Perkembangannya semakin membaik. Mohon doa, jangan menyebar informasi yang tidak-tidak,” ujar Abdul Hakim.

Sejak masuk rumah sakit, beberapa tokoh datang membesuk Hasyim Muzadi. Antara lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haidar Natsir dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin. Siang tadi, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI I Made Sukadana juga datang menjenguk.

I Made Sukadanya juga menyebut perkembangan kondisi Hasyim Muzadi semakin baik dan bahkan berpesan pada TNI agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Beliau juga masih sempat bercanda. Kepada saya beliau berpesan agar TNI dan rakyat bersama para kyai menjaga keutuhan Republik ini,” kata Sukadana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini