Sukses

Membuka Pagi dengan Panen Sayuran Hijau di Pagar Rumah

Lahan yang sempit tidak menghentikan warga untuk bisa memanen sayuran hijau di rumah.

Liputan6.com, Makassar - Setelah beberapa bulan menanam berbagai jenis sayuran dengan memanfaatkan dinding dan pagar rumah, warga Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar, kini menikmati hasilnya.

Hasil panen berbagai macam sayuran masyarakat Tidung sangat memuaskan. Padahal, mereka hanya memiliki lahan sempit berupa dinding tembok rumah dan pagar kayu rumah yang berada di lorong.

"Alhamdulillah, warga di sini sudah berhasil dan tak kesulitan lagi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, hasil panen kali ini sebagian juga dijual untuk kemudian membantu kebutuhan ekonomi mereka," kata Lurah Tidung Lily Sumarno kepada Liputan6.com saat ditemui di sela-sela membantu warga memanen sayuran, Selasa, 10 Januari 2017.

Lahan yang sempit tidak menghentikan warga untuk bisa memanen sayuran hijau di rumah. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Sayuran yang dipanen kali ini, kata Lily, di antaranya pare yang langsung dapat dipetik buahnya yang menempel ditembok rumah warga. Ada juga sayur sawi hijau yang tumbuh dengan suburnya di lahan rekayasa terbuat dari bambu dan digantung pada pagar rumah warga.

"Semuanya serasa nikmat sekali panen dari hasil jerih payah sendiri. Dengan begini, warga sangat berperan dalam membantu program pemerintah kota Makassar dalam mensejahterakan warganya dengan cara mandiri," kata Lily.

Lahan yang sempit tidak menghentikan warga untuk bisa memanen sayuran hijau di rumah. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Lily mengaku tak ada kesulitan menerapkan program tersebut ke warganya karena mayoritas warganya merupakan pekerja keras dan berkemauan kuat untuk menjadikan pekarangan rumahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

"Masyarakat sini sadar akan hidup sehat dan menjadikan lingkungannya hijau sehingga mereka langsung memanfaatkan lahan rumah, tembok hingga pagar rumahnya untuk ditanam bibit sayuran dan hasilnya mereka sendiri yang dapat dan nikmati," kata Lily.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini