Sukses

Ayo Keliling Indonesia, Kamu Sudah ke Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye mencintai tanah air dengan seruan menjelajahi daerah-daerah di Indonesia bergulir luas di media sosial terutama di Facebook. Pesan serupa daftar daerah yang pernah dikunjungi atau ditinggali pun meluas.

Postingan ini menuai respon positif banyak netizen. Aturan mainnya adalah memposting daftar daerah-daerah tingkat I di Indonesia dengan memberi tanda emoticon senyum untuk daerah yang pernah disinggahi, dan simbol cinta untuk daerah yang pernah ditinggali.

"Okey, kurang enam provinsi lagi yaaaa.....," tulis Ellen Pirri, karyawan perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor transportasi, dalam akun Facebook-nya.

"Pengalaman jadi kuli tinta dan hobi travelling mengantarkan saya keliling Indonesia, walau belum semuanya. Semoga profesi baru sekarang ini bisa menyempurnakannya."

Bernarda Triwara Rurit, seorang penulis dan pegiat sosial, tak mau kalah. Selain mengunggah daftar daerah-daerah yang pernah disinggahinya, dia juga berbagi pengalamannya menjelajahi Nusantara.

Dia menuliskan, cita-citanya keliling Indonesia sudah terpatri sejak masih di bangku SD. Pemicunya adalah cerita dari guru-gurunya tentang kota-kota di Indonesia.

"Pada usia semuda itu, bahkan saya berjanji tidak akan menginjakkan kaki ke luar negeri kalau belum menjelajah Indonesia dulu. Janji saya terbukti lho," tulis Rurit, sapaannya.

Dia mulai mewujudkan mimpinya sejak SMA ketika sudah tinggal di rumah kos. Teman-temannya di kos berasal dari berbagai daerah.

"Nah, pada akhir pekan, ketika mereka pulang ke rumah mereka, saya nginthil pulang bersama mereka," tulisnya.

Setelah jadi wartawan, makin lengkaplah kunjungannya ke berbagai kota di Indonesia. Kebetulan dia mendapat jatah dinas luar kota ke daerah-daerah yang lokasinya jauh.

Namun ternyata masih banyak provinsi dan kota yang belum saya singgahi. "Ternyata saya masih kurang piknik. Semoga dalam waktu dekat saya bs menuntaskan semuanya."

Kampanye keliling Indonesia itu meluas. Belakangan muncul lagi pesan untuk jelajah di lingkup yang lebih kecil yakni di tingkat provinsi.

Jika sebelumnya daftar provinsi-provinsi yang tersebar, kini beredar juga daftar kota atau kabupaten, seperti diunggah praktisi media sosial Yozar Firdaus Amrullah di linimasa akunnya.

Dari pengamatan di medsos, banyak netizen mengaku belum sempat keliling Indonesia. Nah, kamu sudah ke mana?

Artikel Selanjutnya
Afi Si Penulis Warisan Dapat Tawaran Beasiswa Kuliah
Artikel Selanjutnya
Warga Flores Bangun Sendiri Jembatan untuk Buku