Sukses

Gempa Pesisir Selatan Sempat Disangka dari Gunung Kerinci

Daerah Pesisir Selatan atau biasa disebut Pesser memang berbatasan dengan Kerinci di Provinsi Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) yang menggetarkan Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin malam tadi pukul 18.28 WIB, turut dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Daerah Pesisir Selatan atau biasa disebut Pesser memang berbatasan dengan Kerinci di Provinsi Jambi.

"Ada sempat saya terasa saat Magrib. Namun tidak lama getarannya," ucap Iwan, salah seorang warga Kota Sungaipenuh saat dihubungi Liputan6.com dari Jambi, Senin malam, 9 Januari 2017.

Menurut Iwan, beberapa tetangganya sempat mengira getaran tersebut adalah lindu dari Gunung Kerinci. Mengingat, selama beberapa bulan Gunung Kerinci dalam status Siaga level II dan kerap mengepulkan asap tebal.

"Beberapa tetangga bilang gitu (gempa Gunung Kerinci). Namun dari informasi di internet ternyata bukan," ujar Iwan.

Berdasarkan informasi laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), www.bmkg.go.id, gempa bumi berlokasi pada koordinat 1.69 Lintang Selatan dan 100.31 Bujur Timur.

Lokasi gempa bumi berada di 64 kilometer barat laut Pesisir Selatan, Sumbar. Gempa juga berlokasi 83 km barat daya Kota Padang, Sumbar, 103 km barat daya Kabupaten Solok, Sumbar, 107 km barat daya Kota Solok, dan 878 km barat laut Jakarta.

Namun, gempa pada kedalaman 17 kilometer ini tak berpotensi menimbulkan tsunami. Sejauh ini belum laporan mengenai adanya korban dan kerugian materi akibat gempa bumi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.