Sukses

Gempa Pesisir Selatan Bikin Panik Warga Padang hingga Mukomuko

Di Muko-muko, Bengkulu, gempa bumi dirasakan mengayun secara horizontal selama 5-10 detik.

Liputan6.com, Padang - Warga Kota Padang turut merasakan gempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Senin malam tadi sekitar pukul 18.28 WIB.

"Menurut BMKG pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 kilometer dengan pusat gempa 64 km barat laut Pesisir Selatan atau 83 km barat daya Kota Padang, Sumatera Barat. Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (9/1/2017).

Menurut Sutopo, petugas posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke BPBD setempat. Gempa dirasakan keras di Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Mukomuko, Bengkulu. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan. Di Muko-muko dilaporkan gempa dirasakan mengayun secara horizontal selama 5-10 detik.

"Gempa juga dirasakan ringan hingga sedang di Solok, Pariaman, Padang Pariaman. Gempa susulan dengan intensitas ringan dirasakan oleh masyarakat," ujar Sutopo.

Sejauh ini belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. "BPBD masih melakukan pendataan. Kondisi masyarakat saat ini normal kembali," Sutopo menambahkan.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa dirasakan dari USGS (Badan Geologi Amerika) intensitas gempa dirasakan di Kota Padang, Pesisir Selatan dan Mukomuko tercatat pada skala IV Modified Mercalli Intensity atau MMI (ringan). Bahkan, daerah terdekat dengan pusat gempa intensitasnya ringan hingga sedang.

"Mengacu pada peta guncangan gempa dirasakan tersebut diprediksikan tidak ada kerusakan bangunan yang masif dari gempa. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI," Sutopo memungkasi.

Gempa 5 SR Goyang Pulau Morotai

Tak hanya Pesisir Selatan, Sumbar, yang hari ini digetarkan gempa bumi. Pulau Morotai di Maluku Utara, juga digoyang gempa berkekuatan 5 SR pada Senin malam pukul 19.41 WIB.

Berdasarkan informasi laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), www.bmkg.go.id, gempa bumi berlokasi pada koordinat 2.58 Lintang Utara dan 127.21 Bujur Timur. Lokasi gempa berjarak 134 kilometer barat laut Pulau Morotai.

Namun, gempa bumi pada kedalaman 10 kilometer ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini