Sukses

Pohon Berusia 100 Tahun Tumbang, Suasana Mencekam

Tak ada angin tak ada hujan, mendadak pohon yang ditanam pada abad ke-19 tumbang.

Liputan6.com, Medan - Peristiwa menghebohkan terjadi di sekitar kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara. Tak ada angin kencang ataupun hujan deras, pohon berusia sekitar 100 tahun tumbang.

Pohon tumbang sekitar pukul 13.00 WIB tepat di Jalan Balai Kota tersebut menyebabkan sejumlah kendaraan yang sedang terparkir maupun melintas tertimpa. Dua pengendara sepeda motor juga mengalami luka-luka.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan M. Yunus mengatakan, dua korban luka-luka bernama Handi dan Fachreza. Keduanya adalah warga Jalan Pukat VII Gang Permai.

"Saat kejadian, keduanya berada di atas sepeda motor BK 4353 AAH. Handi luka di bagian dada dan Fachreza luka di bagian punggung," kata Yunus di lokasi kejadian, Senin (9/1/2017).

Adapun dua unit mobil yang tertimpa masing-masing Mazda 2 dengan nomor polisi BK 1531 IW yang tengah diparkir dan Honda CRV bernomor polisi BK 69 UB. Di dalam mobil masing-masing terdapat Asri dan Yusman.

"Tidak ada luka-luka. Keduanya hanya mengalami shock. Sempat juga dilarikan ke Rumah Sakit Putri Hijau," kata dia.

Seorang saksi mata, Netty Hasan, mengaku terkejut dengan kejadian tersebut. Sebab, saat peristiwa itu terjadi, ia dan teman-temannya sedang nongkrong di kawasan Merdeka Walk yang berjarak beberapa meter dari lokasi.

"Aneh juga, enggak ada tanda-tanda, hujan enggak, angin kencang juga enggak ada, malah cuaca panas. Tiba-tiba ada suara gemuruh," ujar Netty.

Pohon berusia 100 tahun tumbang (Liputan6.com / Reza Perdana)

Akibat peristiwa tersebut, situasi lalu lintas terjadi kemacetan panjang. Pihak kepolisian mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Medan bersama Dinas Pertamanan mengevakuasi pohon dan kendaraan yang tertimpa.

"Sudah kita hubungi pihak PLN. Kita juga minta tambahan petugas dari Dinas Pertamanan Kota Medan untuk mengevakuasi pohon tumbang," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Indra.

Pohon trembesi yang tumbang diketahui ditanam pada abad 19 dan didatangkan serta ditanam mengelilingi Lapangan Esplanade yang belakangan menjadi Lapangan Merdeka, Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.