Sukses

Gunung Gamalama Bergeliat, Radius Kawah Tak Aman 1,5 Km

Selain abu vulkanik, Gunung Gamalama terpantau menunjukkan aktivitas kegempaan.

Liputan6.com, Ternate - Aktivitas vulkanik Gunung Gamalama mengalami peningkatan pagi ini. Aktivitas itu ditandai dengan hembusan abu vulkanik yang dikeluarkan dari kawah gunung.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Gamalama Darno Lamane mengatakan, selain abu vulkanik, juga terpantau aktivitas vulkanik lain seperti kegempaan.

Sejak pukul 00.00-10.00 WIT, sudah tiga kali Gempa Tektonik Jauh, sekali Gempa Vulkanik Dalam, sekali Getaran Banjir, dan Gempa Micro Tremor Menerus. Masing-masing gempa, kata Darno, memiliki amplitudo maksimum lima sampai tujuh mm, amplitudo maksimum 30 mm, amplitudo maksimum 7 mm, dan amplitudo maksimum 0.5 hingga 1.5 mm.

"Sampai sekarang Gempa Micro Tremor Menerus dengan amplitudo maksimum 0,5 hingga 1,5 mm itu masih terus terjadi," ucap Darno saat disambangi Liputan6.com di ruangan Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Jalan Bukit Hijau, Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Rabu (4/1/2017).

Dia mengatakan, secara visual, cuaca di kota Bahari Berkesan mendung dan hujan. Akibatnya, puncak gunung setinggi 1.715 mdpl itu tertutup kabut tebal.

Darno mengatakan, peningkatan aktivitas vulkanik serupa juga sempat terjadi pada 10 Desember 2016 lalu. Saat ini, status Gunung Gamalama berada di level II atau waspada.

"Sampai sekarang kegiatan Gunung Gamalama masih level II," kata dia.

Darno menambahkan, pihaknya merekomendasikan BPBD Kota Ternate untuk mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di sekitar gunung agar lebih waspada, terutama untuk masyarakat sekitar Barangka (Kalimati) terhadap potensi lahar. Darno juga meminta wisatawan atau warga sekitar untuk tidak mendakin dalam radius 1,5 km.

"Kami minta agar pengunjung maupun wisatawan tidak boleh mendaki atau mendekati kawah. Kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Barangka (Kalimati) agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar," ujar Darno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini