Sukses

Longsoran di Jalan Lintas Sumatra Sembahe-Berastagi Timpa 2 Mobil

Gara-gara longsor, pengendara yang hendak menuju Medan harus memutar arah dan menginap di sekitar Kabanjahe.

Liputan6.com, Medan - Libur tahun baru 2017 diwarnai bencana longsor yang menutup jalan Lintas Sumatera Sembahe, Kabupaten Deli Serdang, menuju lokasi objek wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Senin sore, 2 Desember 2017.

Seorang warga Medan, Zulkifli (45), mengatakan tidak bisa melanjutkan perjalanan dari Kabanjahe tujuan Medan akibat terjebak macet pada sore pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Bahkan, menurut dia, petugas keamanan juga telah mengumumkan kepada pengemudi mobil bahwa di lokasi longsor Lau Kaban dekat tikungan PDAM Tirtanadi Sembahe ditutup untuk sementara akibat tanah longsor menimbun sebagian badan jalan nasional tersebut.

"Tanah longsor yang terjadi di daerah Sembahe akibat hujan lebat. Lokasi longsor itu lebih kurang 37 km dari Kota Medan," ujar Zulkifli, dilansir Antara.

Ia mengatakan, selain tanah longsor yang berasal dari gunung di Sembahe, pohon kayu juga banyak yang tumbang. Selain itu, material berupa batu-batuan yang berasal dari pegunungan terjal menutup badan jalan tersebut.

"Sampai saat ini, belum kelihatan alat berat dari Pemkab Deli Serdang dan Pemkab Karo dikerahkan membersihkan tumpukan tanah longsor tersebut," ucap dia.

Ketika ditanyakan apakah ada mobil terkena longsor, Zulkifli mengatakan tidak ada mobil yang terkena tanah longsor tersebut. Namun, menurut dia, ada dua unit mobil dan satu sepeda motor yang terjebak pohon yang roboh serta tidak ada korban jiwa.

"Masyarakat setempat berusaha mengevakuasi mobil tersebut," kata dia.

Zulkifli menambahkan, akibat longsor tersebut, pegemudi mobil dari Kabanjahe tujuan Medan dan sebaliknya banyak yang gagal melanjutkan perjalanan.

"Saya, terpaksa menginap malam ini (Senin, 2/1/2016) di sebuah hotel di Kabanjahe karena tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Medan," kata dia.

Camat Sibolangit Amos Karokaro mengakui adanya longsor tersebut. Ia mengatakan longsor menyebabkan satu unit mobil Isuzu Panther tertimbun. Namun, belum diketahui mengenai ada tidaknya korban jiwa.

"Lokasinya tepat di dekat Cagar Alam di Sibolangit. Sedang dilakukan evakuasi, saya lagi menuju ke lokasi," kata Amos.

Menurut Amos, saat ini ia kesulitan mencapai lokasi karena longsor menyebabkan kemacetan. Amos mengaku harus menggunakan sepeda motor agar lebih mudah menuju lokasi.

"Belum diketahui berapa penumpang yang ada di dalam mobil. Perkembangannya kita infokan lagi," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.