Sukses

17 Rumah Hangus, Korban Kebakaran Mengungsi ke Pasar Daging

Sembilan mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan kewalahan atasi kebakaran.

Liputan6.com, Ternate - Belasan rumah penduduk di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, terbakar pada Senin (2/1/2017) dini hari sekitar pukul 02.30 WIT.

Sebanyak 17 rumah dan tiga kios di lokasi lahan bekas Pos Kota wilayah pusat jasa Pemerintah Kota Ternate itu habis dilalap api. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, peristiwa kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik yang bermula dari rumah Zainal Hakim, warga setempat.

Sembilan mobil Dinas Kebersihan dan Pemadaman Kebakaran Kota Ternate diterjunkan ke lokasi kewalahan mengatasi amukan si jago merah. Api lebih cepat menghanguskan seluruh bangunan lantaran dinding rumah berbahan papan kayu.

Lurah Kelurahan Gamalama Muhammad Ikhsan mengemukakan kebakaran tersebut menghanguskan sedikitnya 17 rumah. Enam belas rumah di antaranya habis dilalap jago merah.

"Rumah tersebut semuanya berada di kawasan padat penduduk pada RT 05/RW 03 Kelurahan Gamalama. Beruntung peristiwa ini tidak menyebabkan korban jiwa, tapi kerugian ditaksir bisa mencapai ratusan juta rupiah," kata Ikhsan, saat disambangi, Senin pagi tadi.

Akibat kebakaran tersebut, puluhan kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran diungsikan sementara di lantai II pasar daging Kelurahan Gamalama. "Langkah ini diambil sebagai upaya evakuasi dini," ucap Iksan.

Kabag Ops Polres Ternate Kompol Ibnu Hadjar mengatakan, lokasi kebakaran yang padat penduduk membuat api cepat merambat dan butuh waktu lama untuk dipadamkan. Pihaknya bahkan menerjunkan puluhan personel polisi untuk mengamankan lokasi kejadian.

"Untuk penyelidikannya kami akan meminta bantuan tim Labfor Makassar. Namun saat ini, kami masih akan fokus mengamankan lokasi kebakaran dulu," Ibnu Hajar memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.