Sukses

Tahun Baru Hampir Usai, Pengunjung Masih Menyemut di Pantai Anyer

Meski kemeriahan tahun baru telah berakhir, rupanya minat warga berwisata di Pantai Anyer masih tinggi.

Liputan6.com, Cilegon - Jalanan menuju Pantai Anyer, baik melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon maupun melalui jalur Cigading, mengalami kepadatan di hari terakhir libur bersama tahun baru 2017.

"Tadinya dikira enggak macet hari ini, tahunya kena macet ini di jalannya. Saya kira kan ramainya kemarin (Minggu, 1 Januari 2017)," kata Syifa, wisatawan asal Bogor yang berangkat bersama suami dan tiga anaknya, saat ditemui di daerah Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Senin (2/01/2017).

Pantai Anyer memang menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik ketika menghabiskan malam pergantian atau masa liburan sekolah. Apalagi, sejak terjadinya kemacetan parah di jalur Purwakarta-Bandung, Pantai Anyer menjadi tujuan utama warga Jakarta dan sekitarnya.

Terbukti, wisatawan yang berlibur di Banten untuk menikmati tahun baru meningkat dibandingkan pergantian tahun 2016 yang lalu.

"Naik lima sampai sepuluh persen jumlah wisatawan. Sebab, banyak keluarga tidak menyewa hotel atau penginapan. Mereka hanya main di pinggir pantai saja," kata Ahmad Sari Alam, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya.

Di lain pihak, tingkat hunian hotel atau okupansinya mencapai 100 persen atau seluruh kamar hotel telah terisi penuh selama libur tahun baru 2017 dengan pusatnya berada di Pantai Carita dan Pantai Anyer di Kabupaten Serang dan di KEK Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang.

"Seluruh hotel dan penginapan, khususnya di tiga kawasan objek wisata pantai itu sudah close. Artinya sudah penuh di-booking untuk tahun baru ini. Akses jalan sudah baik, pantai bersih, pihak hotel maupun penginapan juga memberikan hiburan yang spesial di malam pergantian tahun," ucap Ahmad.

Bagi wisatawan dari luar Banten yang akan berkunjung ke Anyer dan sekitarnya bisa keluar Gerbang Tol Cilegon Timur lalu masuk JLS atau keluar gerbang Tol Cilegon Barat dan memasuki jalanan kawasan industri Krakatau Steel hingga keluar ke daerah Cigading ataupun Ciwandan.

Namun bagi yang enggan terkena macet di jalan, bisa memilih lokasi wisata lainnya, seperti menyeberang ke Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar yang lokasinya dekat dengan Pelabuhan Merak. Untuk mencapai kedua pulau tersebut, wisatawan bisa menyewa kapal nelayan dari belakang kantor Polsek Pulau Merak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini