Sukses

Manusia Tertua Asal Sragen Senang Tambah Usia, Tapi...

Mbah Gotho, manusia tertua asal Sragen itu hari ini genap berusia 146 tahun.

Liputan6.com, Sragen - Sodimejo alias Mbah Gotho asal Sragen, Jawa Tengah hari ini tepat berusia 146 ‎tahun. Genap berusia lebih dari seabad, lelaki yang disebut-sebut sebagai manusia tertua ini menyelipkan harapan untuk tetap diberikan kesehatan.

Mbah Gotho bersama anak dan cicitnya sempat merayakan pesta kecil-kecilan. Ada kue tart kemudian Mbah Gotho meniup lilin. 'Pesta' kecil-kecilan ini juga dihadiri tetangga dekat.

"Ya, semoga tetap sehat. Seneng diberi umur panjang. Diberi panjang umur, tapi umurnya jangan kepanjangan umurnya, " ungkap Mbah Gotho di rumahnya, Sabtu (31/12/2016).

Sementara itu, Suryanto, cucu Mbah Gotho berharap semoga kakeknya ini diberikan umur panjang. Selain itu, Mbah Gotho juga bisa lancar komunikasi dengan anak cucunya.

"Harapannya diberi kesehatan (untuk Mbah Gotho, red). Kalau bagi saya, saya tak mau kehilangan Mbah. Karena sejak kecil sudah ikut Mbah," ujar Suryanto.  

Mbah Gotho bisa dianggap sebagai manusia tertua di dunia. Sesuai dengan rekam data KTP, Sodimejo lahir pada 31 Desember 1860. Mbah Gotho beberapa waktu lalu sempat mengucapkan satu permintaan, yakni meninggal.

Bahkan untuk memenuhi harapannya itu, ia sudah menyiapkan makam, nisan dan segala piranti untuk pemakamannya. Ia sudah menyiapkannya sejak 1992 atau 24 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.